nusabali

BPBD Tangani 2 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-2-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani 2 pohon tumbang, salah satunya rumpun bambu tumbang di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, Karangasem, Minggu (29/1) pukul 21.00 Wita.

Namun, BPBD baru melakukan penanganan Senin (30/1) pukul 08.47 Wita. Pohon tumbang itu menimpa kabel milik PT PLN Persero, yang sempat menutupi jalan raya Banjar Pekarangan, Desa Ngis - Desa Selumbung. Perbekel Ngis I Ketut Catur Mertayasa yang melaporkan bencana itu ke BPBD. Selanjutnya, lima petugas BPBD mendatangi lokasi kejadian. Hanya saja,  sebelum melakukan penanganan, BPBD yang dikoordinasikan Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa melakukan koordinasi dengan petugas PT PLN Persero, untuk memastikan tidak ada strum yang mengalir ke pohon bambu tersebut.

Setelah petugas PT PLN datang, dengan melakukan pemutusan arus listrik untuk sementara dan petugas PT PLN menyatakan aman, saat itulah BPBD melakukan penanganan memotong batang-batang bambu bersama masyarakat, anggota Polsek Manggis, dan Koramil Manggis. "Memang setiap ada pohon tumbang menimpa kabel listrik terutama kabel listrik terbuka, wajib berkoordinasi dengan petugas PT PLN, jangan sampai masih listrik mengalir melakukan penanganan itu sangat membahayakan," kata Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Bendesa Adat Pekarangan I Wayan Madia mengatakan, rumpun bambu yang tumbang itu milik Desa Adat Pekarangan, yang tumbang dari lahan milik Desa Adat Pekarangan. "Kami mengapresiasi kecepatan petugas BPBD, bersama anggota Polsek Manggis, dan Koramil Manggis melakukan penanganan, sehingga akses jalan kembali normal," jelas I Wayan Madia.

Satu lagi pohon akasia tumbang di Banjar Tengading, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, juga telah tertangani, yang sebelumnya sempat menghambat arus lalulintas Amlapura - Denpasar. *k16

Komentar