nusabali

Integrasikan Layanan, Diskes Bangun Simdinkes

  • www.nusabali.com-integrasikan-layanan-diskes-bangun-simdinkes

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung bakal membangun sistem Informasi Dinas Kesehatan (Simdinkes) tahun ini.

Simdinkes ini dibangun dalam upaya mengintegrasikan layanan kesehatan di Gumi Keris. Kadiskes Badung dr Made Padma Puspita, mengatakan sistem layanan kesehatan terintegrasi ini akan melibatkan semua lini. “Sistem informasi dinas kesehatan belum ada yang benar-benar terintegrasi. Kami berharap rumah sakit, puskesmas dan klinik semua terintegrasi,” ujarnya saat rapat koordinasi dengan Pimpinan DPRD Badung, beberapa waktu lalu.

Dia menyontohkan begitu ada kasus DBD, meski di rumah sakit swasta akan langsung terkoneksi sampai ke tingkat jumantik. Tak hanya itu, identitas pasien juga akan tercatat secara detail by name by adress. Selain itu, dr Padma juga menyebut akan menyediakan layanan oncall center.

“Simdinkes juga akan menghubungkan dengan ambulan Krama Badung Sehat (KBS). Jadi nanti berisi GPS, artinya kejadian di manapun kita tahu posisinya,” tegas mantan Wakil Direktur Pelayanan RSD Mangusada ini.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata, mendukung program digitalisasi yang dilakukan diskes dalam memberikan pelayanan kesehatan. “Sekarang serba digital, jadi program ini sudah sepantasnya dilakukan, dan kami di dewan sangat mendukung,” ujar Parwata, Senin (30/1) kemarin.

Selain itu, Parwata juga meminta pengembangan Puskesmas Petang II dan Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit segera dirampungkan. Di sisi lain, politisi PDIP asal Desa Dalung, Kuta Utara ini juga berharap, masing-masing puskesmas mampu menjadi pengampu layanan di tiap-tiap kecamatan. *ind

Komentar