nusabali

Solid Bergerak 'Merawat Pertiwi'

PDIP Karangasem dan Tabanan Tanam Ratusan Pohon

  • www.nusabali.com-solid-bergerak-merawat-pertiwi
  • www.nusabali.com-solid-bergerak-merawat-pertiwi

AMLAPURA, NusaBali
Gerakan ‘Merawat Pertiwi’ (merawat bumi,red) secara kompak digelar jajaran DPC PDI Perjuangan (PDIP) di seluruh Bali, Sabtu (28/1) pagi.

DPC PDIP Karangasem menanam 500 pohon, yang dikomando langsung Ketua DPC I Gede Dana. Sementara DPC PDIP Tabanan menggelar acara serupa yang dipimpin langsung Ketua DPC sekaligus juga Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya di aliran Tukad (Sungai) Yeh Sunyi, Desa Batanyuh, Kecamatan Marga, Tabanan.

DPC Karangasem menggelar acara penanaman pohon di Pantai Ujung dan sepanjang pinggiran Sungai Subangan, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem. Hadir dalam acara penanaman tersebut, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, jajaran fungsionaris DPC, PAC PDIP se-Karangasem, Perbekel Tumbu I Kadek Oki Lerianto, Perbekel Seraya Barat I Komang Patra Suarsa, Perbekel Seraya Timur I Made Pertu dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Penanaman pohon dalam rangka HUT PDIP ke -50 dan HUT Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke-76 ini digelar serentak di seluruh Indonesia.

Gede Dana mengatakan, penanaman pohon jenis ketapang, cempaka, dan nangka ini bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana tanah longsor, abrasi dan menjaga struktur tanah agar tidak mudah erosi.

Dana yang juga Bupati Karangasem mengatakan, struktur tanah mesti terjaga keseimbangannya. Penanaman pohon juga akan membuat alam sekitarnya akan menjadi teduh. “Apalagi di lokasi sekitar juga ada Pura Linggayoni. Kalau banyak pohon akan menjadi teduh dan rindang,” ujar politisi asal Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem ini.

Kata Dana, jika tanaman itu tumbuh lebat, nantinya pemedek (umat) merasakan rindangnya pohon di saat hendak melakukan persembahyangan. "Selain melakukan penanaman pohon agar lingkungan jadi rindang, kita juga melakukan bersih-bersih pantai, memungut sampah plastik, agar lingkungan tidak tercemar," jelas mantan Ketua DPRD Karangasem ini.

Sementara penanaman pohon DPC PDIP Tabanan dihadiri Wakil Bupati Tabanan Tabanan I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD I Made Dirga, beserta jajaran pengurus DPC, Ketua PAC dan Kader PDIP se-Kabupaten Tabanan.

"Selain instruksi dari Ketua Umum (Megawati), selaku kader partai wajib hukumnya juga mewarnai dan menjadi garda terdepan, agar PDI Perjuangan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, salah satunya penanaman pohon untuk merawat pertiwi,” ujar Sanjaya.

Sanjaya apresiasi dengan panitia, perbekel, bendesa adat dan Pemangku Pura Manik Toya, karena telah memberikan kesempatan menggelar kegiatan di areal Pura Manik Toya dan di daerah aliran Tukad Yeh Sunyi. Sehingga partai mampu mengimplementasikan kegiatan sesuai instruksi pusat, sekaligus sesuai dengan Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Sanjaya juga mengingatkan para kader, selalu kompak bersatu menyambut Pemilu 2024. Karena PDIP mentarget meraih hattrick alias menang tiga kali berturut-turut.  "Itu bisa kita lakukan asalkan kita selalu kompak, bersatu dalam melakukan kegiatan apapun. Dan saya beserta jajaran sudah membuat agenda-agenda untuk partai. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan kegiatan-kegiatan kepartaian, sehingga teman-teman yang diperintahkan partai menjadi caleg, baik di kabupaten, provinsi dan pusat bisa memperoleh suara maksimal serta meraih kursi sebanyak-banyaknya,” ujar Wakil Bupati Tabanan periode 2010-2015 dan 2015-2020 ini.

Sementara, Ketua Panitia Putu Eka Putra Nurcahyadi mengatakan gerakan ‘Merawat Pertiwi yang digelar kemarin, sekaligus untuk menangani dampak bencana banjir, yang disebabkan air bah dari daerah hulu. Kata dia, banjir belum lama ini menyebabkan puluhan pura dan pelinggih pura rusak, sekaligus rusaknya delapan infrastruktur lainnya seperti jembatan, pusat air minum, TPS3R, dan seluruh bangunan yang berada di aliran sungai di Desa Tua, Desa Batanyuh, Desa Beringkit dan Desa Abiantuwung.

"Untuk itu, tepat sekali kegiatan ini kita laksanakan di tepi aliran sungai Yeh Sunyi, tepatnya di Areal Pura Manik Toya. Mengingat beberapa pohon yang menjadi penguat ataupun yang menjadi resapan air, sudah bertumbangan,” ujar Anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan ini. *k16,des

Komentar