nusabali

Angkat Besi Siap Pertahankan Prestasi di SEA Games Kamboja

  • www.nusabali.com-angkat-besi-siap-pertahankan-prestasi-di-sea-games-kamboja

JAKARTA, NusaBali
Tim angkat besi siap mempertahankan prestasi di SEA Games 2023 Kamboja.

Mereka optimistis menatap kejuaraan antar negara di Asia Tenggara pada 5-17 Mei 2023. Saat ini para atlet menjalani Pelatnas sejak 10 Januari 2023 di Mess Kwini, Jakarta Pusat.  

"Di SEA Games Vietnam kami mendapat empat medali emas. Di SEA Kamboja, kami ingin mempertahankan medali tersebut," kata Pelatih Angkat Besi Dirdja Wiharja, Jumat (27/1).

Untuk itu, kata Dirdja, akan dilakukan promosi dan degradasi bagi atlet Pelatnas. Mereka dinilai dari latihan selama Pelatnas maupun melalui seleksi nasional (seleknas) pada 2 Februari 2023. Dalam seleknas nanti para atlet Pelatnas menghadapi atlet dari daerah lainnya.

Rata-rata atlet yang diundang seleknas yang angkatannya memenuhi SKM (Standar Kualifikasi Minimum). Namun, atlet angkat besi asal Bali yang kerap masuk Pelatnas seperti Ni Luh Sinta Darmariani dan I Ketut Ariana tidak ikut dalam Seleknas.

Mereka sekarang sudah jadi pelatih di Bali. Untuk saat ini, belum ada atlet yang nongol lagi dari Bali setelah Ariana dan Ni Luh Sinta. Mudah-mudahan, ke depan ada dari Bali," kata Dirdja Wiharja.

Apalagi, saat ini banyak atlet junior dibawah pengasuhan Sinta dan Ariana. Karenanya, kata Dirdja, perlu waktu agar menghasilkan atlet angkat besi berprestasi.

Saat ini ada 16 atlet angkat besi di Pelatnas. Mereka menjalani latihan secara intensif guna mempersiapkan diri ke SEA Games 2023 dan kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

"Nantinya, kami bagi atlet untuk SEA Games dan Olimpiade," imbuh Dirdja. Untuk ke SEA Games dipilih 14 orang. Rinciannya tujuh atlet putra dan tujuh atlet putri. Ke 14 nama itu akan diketahui usai seleknas.

Pelatih pun terus memantau kemampuan para atlet angkat besi ketika berlatih di Pelatnas. Lantaran persaingan di angkat besi di SEA Games 2023 cukup kuat. Antara lain, dari Thailand, Vietnam, Malaysia dan Filipina. *k22

Komentar