nusabali

Vakum 2 Tahun, HUT SMKN 1 Amlapura Sajikan Beragam Lomba

  • www.nusabali.com-vakum-2-tahun-hut-smkn-1-amlapura-sajikan-beragam-lomba

AMLAPURA, NusaBali
Setelah vakum alias tanpa kegiatan HUT  2021-2022, peringatan HUT ke-10 SMKN 1 Amlapura kembali dilaksanakan dengan beragam kreativitas lomba.

Puncak HUT di Lapangan SMKN 1 Amlapura, Jalan Veteran Amlapura, Jumat (27/1). Perayaan kali ini di bawah koordinasi Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana, hadir Sub Koordinator Kurikulum dan Pembelajaran SMK Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali I Gede Agus Rai, Wakil Ketua DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, Sekdis Disdikpora Karangasem I Komang Budiarta, Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa, dan undangan lainnya.

I Gede Agus Rai mengapresiasi perkembangan SMKN 1 Amlapura, di usia ke-10. Sekolah ini telah mampu berkembang pesat, dengan berbagai inovasi, dan prestasinya mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Padahal ini bukan sekolah seni, tetapi pelaksanaan HUT ke-10, bisa disulap jadi bernuansa seni, itublah sisi lain inovasi SMKN 1 Amlapura,” jelas I Gede Agus Rai.

Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana mengakui, dari awal berdiri SMKN 1 Amlapura 10 tahun lalu, mulai dari peletakan batu pertama, hingga menjadi sekolah favorit di Karangasem, melalui beragam perjuangan bsik sekala dan niskala. Sebab lokasi SMKN 1 Amlapura berdampingan dengan sungai. Maka, sekolah perlu bersinergi dengan lingkungan agar pembelajaran tidak terganggu secara non teknis.

I Wayan Artana menyebutkan, walaupun di SMKN 1 Amlapura hanya membuka enam program keahlian. Namun, di dalam ambil bagian dalam lomba-lomba sering ikut lomba di luar dari program keahlian yang ada di sekolah. “Makanya kami selalu berinovasi dan selalu memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa yang berbakat,” jelas pendidik dari Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem.

Sebab, lanjut I Wayan Artana, bakat siswa bukan saja, sesuai program keahlian di sekolah, tetapi banyak dari luar itu. “Makanya di sini sering berprestasi dari luar program keahlian, semuanya kami jembatani,” tambahnya.

Peringatan HUT SMKN 1 Amlapura juga memberdayakan siswa SMP yang berbakat dengan memberikan ruang dalam bentuk lomba-lomba. Walau sementara kategori lomba sangat terbatas, setidaknya telah mampu melakukan pemberdayaan. Misalnya, lomba pidarta Basa Bali, juara I Ni Kadek Yunita Satriani dari SMPN 3 Selat, juara II Ni Nengah Nindi Ari Putri dari SMN 2 Abang dan juara III I Komang Krisnanada dari SMPN 2 Selat. Lomba baca puisi bahasa Indonesia, juara I Ni Ketut Tirta Parwitha Sari dari SMPN 2 Selat, lomba makendang tunggal juaranya Ida Ketut Somya Sidanta dari SMPN 5 Amlapura, dan lain-lain. Puncak HUT ke-10, ditandai melakukan potong tumpeng. *k16

Komentar