nusabali

Tips OJK Lindungi Rekening Supaya Tidak Dibobol Orang

  • www.nusabali.com-tips-ojk-lindungi-rekening-supaya-tidak-dibobol-orang

JAKARTA, NusaBali
Belakangan ini marak pembobolan rekening tabungan. Berbagai modus dapat digunakan untuk membobol rekening, termasuk memanfaatkan kelalaian konsumen.

Guna mencegah hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips untuk menjaga rekening agar tetap aman. Berikut ini adalah beberapa tips dari OJK seperti dilansir dari detikfinance, Jumat (27/1/2023).
1. Aktifkan Notifikasi SMS Transaksi
Jika ada transaksi di rekening Anda, baik dana keluar maupun masuk, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek Saldo Berkala

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank yang kalian gunakan.

3. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
Untuk menjaga keamanan data, kalian bisa menggunakan fitur ini, contohnya seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Jangan Pakai WiFi Publik

Ketika melakukan transaksi perbankan, lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi dibandingkan WiFi Publik atau Free WiFi.

5. Jaga Data Pribadi

Jangan pernah memberikan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung ke siapa pun, termasuk pihak bank. Ubah password secara berkala.

6. Hati-hati saat Menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank.

Hati-hati terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu Anda. Demikian beberapa tips untuk menjaga rekening kalian agar tetap aman. *

Komentar