nusabali

Jangan Diremehkan! Ini Pentingnya Sepatu Proyek untuk Pekerja

  • www.nusabali.com-jangan-diremehkan-ini-pentingnya-sepatu-proyek-untuk-pekerja

JAKARTA, NusaBali.com - Anda mungkin berhadapan dengan resiko kecelakaan kerja setiap hari. Tidak ada tempat untuk kesalahan dalam lingkungan kerja yang berbahaya. Harus disepakati bahwa menggunakan sepatu proyek selalu bermanfaat. 

Harus diperhatikan sejak awal bahwa tidak ada gaya safety shoes yang standar. Untuk berbagai fungsi dan kondisi kerja, sepatu safety didesain dengan model yang berbeda. Tetapi mereka menyebutnya dengan nama yang sama: perlengkapan pakaian yang terjangkau dan sangat berguna. 

Sepatu ini melindungi kaki pada lingkungan yang keras dan mencegah banyak cedera yang berhubungan dengan konstruksi. Apa saja manfaat menggunakan safety shoes dari toko safety? Simak penjelasannya berikut ini. 

Manfaat Menggunakan Sepatu Safety 

Selain karena kebutuhannya, sepatu boot safety memiliki beberapa keuntungan. Aspek yang paling penting adalah melindungi kaki ketika bekerja. Pertimbangkan beberapa manfaat berikut ini: 

- Tidak Ada Benda Jatuh yang Dapat Melukai Kaki Anda 

Benda yang jatuh atau terjatuh adalah hal yang umum terjadi ketika karyawan, peralatan dan kendaraan beroperasi pada waktu yang bersamaan. Sepatu boot dengan ujung baja dan alas kaki pelindung lainnya akan membantu anda untuk menghindari cedera. 

- Pelindung Anti Tusukan 

Anda harus mengenakan sepatu safety dengan sol dan bagian atas yang tebal serta kuat jika anda bekerja pada area yang berbahaya. Sebaliknya, sepatu dengan sol yang lunak bisa membahayakan pekera konstruksi. 

- Mengurangi Insiden

Melakukan penebangan dengan mesin yang tajam atau mesin yang bergerak sangatlah berbahaya. Gergaji mesin bisa mengancam orang yang bekerja di hutan. Kaki pekerja yang terjepit gergaji mesin  bisa mengakibatkan cedera yang mematikan. Alas kaki pengaman yang tahan potong melindungi kaki anda dari gergaji mesin. Alas kaki ini tahan air, kedap air serta mendukung pergelangan kaki. 

- Aman dari Sengatan Listrik 

Anda kemungkinan mengalami sengatan listrik, percikan api atau akumulasi listrik statis. Sepatu yang terbuat dari karet, kulit atau bahan non konduktif lainnya mungkin bermanfaat. Kalau listrik statis terakumulasi, maka lebih baik gunakan sepatu antilistrik atau konduktif. Sepatu anti air mengurangi muatan statis yang mencegah percikan api elektrostatis. 

- Bisa Menghindari Pengguna dari Resiko Terpeleset 

Terpeleset atau jatuh adalah penyebab umum cedera di tempat kerja di lingkungan mana saja. Bahaya ini bisa dikurangi dengan menambahkan selotip lantai anti slip atau memastikan semua orang bisa membaca papan nama yang relevan. 

- Tidak Cepat Lelah 

Banyak karyawan yang harus berdiri atau berjalan sepanjang hari, kadang di atas beton. Akibatnya adalah kelelahan kaki. Berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama akan membuat kaki, tungkai, pinggul, punggung dan otot-otot lainnya menjadi lelah. Sepatu kerja yang tidak sesuai bisa memperburuk situasi. Ketegangan otot bisa dikurangi dengan mengenakan alas kaki pelindung dan bantalan penyangga lengkungan. 

Pencegahan ketegangan otot bisa membantu menghindari masalah muskoloskeletal seperti nyeri kronis pada punggung bawah. Untuk berjalan, berlari dan nyeri punggung yang lebih sedikit pilihlah alas kaki safety. 

- Bisa Mencegah Luka Bakar di Tempat Kerja 

Luka bakar di tempat kerja bisa disebabkan oleh panas, api dan bahan kimia. Luka bakar akibat bahan kimia, percikan logam cair dan racun lainnya yang menyebabkan cedera kulit bisa dihindari dengan safety shoes yang tepat. 

- Tahan Cuaca 

Anda mungkin berada dalam resiko bahaya jika beroperasi pada lingkungan yang basah dan dingin atau di luar ruangan selama musim dingin. Radang dingin dan hipotermia bisa terjadi akibat suhu yang sangat dingin. Alas kaki yang kedap air dan berinsulasi akan melindungi kaki anda dari elemen-elemen seperti hujan dan salju. Periksa untuk mengetahui apakah perusahaan atau organisasi anda menyediakan sepatu safety. 

Komentar