nusabali

Tetap Lanjutkan Program Unggulan, Kembangkan Kewirausahaan Siswa

Ni Made Sri Narawati SPd MPd Jabat Kepala Sekolah SMAN Bali Mandara

  • www.nusabali.com-tetap-lanjutkan-program-unggulan-kembangkan-kewirausahaan-siswa

Sebelumnya SMAN Bali Mandara selama enam bulan dipimpin oleh Plt Kasek I Wayan Suarsina SPd MPd gantikan Drs I Nyoman Darta MPd yang pensiun.

SINGARAJA, NusaBali

SMAN Bali Mandara kini sudah memiliki Kepala Sekolah (kasek) definitif. Ni Made Sri Narawati SPd MPd,42, Selasa (24/1) dikukuhkan menjadi Kepala Sekolah (Kasek) SMAN Bali Mandara. Narawati sebelumnya adalah guru kimia di SMAN Bali Mandara yang sudah mengabdi sejak tahun 2015 silam.

Srikandi kelahiran Buleleng, 22 Januari 1981 ini diangkat menjadi Kasek SMAN Bali Mandara sesuai dengan Keputusan Gubernur Bali No 117/03-A/HK/2023 terkait pengangkatan Kepala SMA/SMK/SLB di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali. Sebelumnya SMAN Bali Mandara kurang lebih selama enam bulan dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kasek I Wayan Suarsina SPd MPd, setelah Kasek sebelumnya Drs I Nyoman Darta MPd memasuki masa pensiun pertengahan tahun 2022 lalu.

Narawati dihubungi, Kamis (26/1) menyampaikan rasa syukurnya atas kepercayaan yang diberikan Pemprov Bali menjadi Kasek di sekolah rintisan Pemprov Bali ini. Delapan tahun menjadi guru di SMAN Bali Mandara membuatnya merasa sangat lekat dengan sekolah.

Ibu tiga anak ini mengatakan memberanikan diri untuk mengajukan lamaran ke Dinas Pendidikan Provinsi Bali, begitu mengetahui posisi Kasek SMAN Bali Mandara kosong. Dia merasa memiliki peluang, karena sudah lolos sebagai Guru Penggerak Angkatan 2 di Kabupaten Buleleng. “Tahun lalu saya coba-coba melamar saja ke Disdik Provinsi karena tahu posisi Kasek sedang kosong. Intinya karena sekarang saya sudah 8 tahun di sini (SMAN Bali Mandara) ingin melanjutkan pengabdian kepada sekolah, membimbing anak-anak untuk meraih prestasi,” ucap Narawati yang juga memiliki segudang prestasi ini.

Ke depannya dalam memimpin SMAN Bali Mandara dia mengaku masih akan melanjutkan sejumlah program unggulan sekolah peninggalan Kasek sebelumnya. Seperti program one student one research yang banyak mengantarkan siswa SMAN Bali Mandara meraih juara lomba penelitian tingkat nasional bahkan internasional.

“Ke depannya saya dan teman-teman tetap akan mengedepankan pendidikan karakter seperti kedisiplinan. Sebab disiplin itu kunci keberhasilan siswa. Kalau sudah disiplin bisa atur waktu dengan baik, niscaya anak-anak juga bagus proses belajarnya,” imbuh ibu tiga anak ini. Namun nantinya, Narawati juga berencana menambah satu program kewirausahaan untuk anak didiknya. Program ini sebenarnya sudah dirintis, namun perlu pengembangan yang lebih dalam.

Program kewirausahaan ini disebutnya untuk penyeimbang akademik siswa. Selain juga sebagai bekal siswa SMAN Bali Mandara saat sudah lulus untuk meningkatkan taraf perekonomian. “Program kewirausahaan ini baru dirintis, ke depannya kami sedang upayakan membuat brand dan pengembangan lebih luas ke masyarakat,” jelas Narawati. Kasek anyar ini mengawali kariernya di SMAN 1 Singaraja pada tahun 2005-2015 lalu sebagai laboran kimia dengan status honorer. Dia juga pernah mengajar di SMK Pariwisata Pancasari.

Lalu pada tahun 2014 Narawati ikut seleksi CPNS dan lulus dan ditempatkan di SMAN Bali Mandara. Selain sebagai guru kimia, dia juga aktif sebagai orangtua asuh siswanya di sekolah dan guru penggerak anggota dewan riset SMAN Bali Mandara. *k23

Komentar