nusabali

Dahan Beringin Dalem Selaungan Tumbang Tutup Arus Lalin

  • www.nusabali.com-dahan-beringin-dalem-selaungan-tumbang-tutup-arus-lalin

BANGLI, NusaBali
Dahan pohon Beringin di Pura Dalem Selaungan, Jalan Erlangga, Kelurahan Cempaga, Bangli, tumbang, Kamis (26/1) sekitar pukul 18.45 Wita. Dahan pohon  menutup seluruh akses jalan menuju Kecamatan Tembuku sekaligus jalur menuju Karangasem.

Kapolsek Bangli Kompol I Made Dwi Puja Rimbawa mengatakan dahan pohon beringin  yang patah dan menutupi akses jalan terjadi setelah hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Bangli. Menurut Kompol Rimbawa, dalam peristiwa tersebut tidak sampai ada korban jiwa.

Dahan pohon menutup seluruh akses jalan menuju Tembuku dan Karangasem, maka itu dilakukan pengalihan arus lalu lintas. "Sepeda motor maupun mobil tidak bisa melalui jalur tersebut. Maka petugas melakukan rekayasa/pengalihan arus lalin lintas melalui jalur Pura Dalem Pingit (timur Pura Kehen) dan jalur Kubu menuju Tamansari (Banjar Sidembunut).

"Sampai malam ini petugas gabungan bersama masyarakat melakukan proses pembersihan dahan pohon," jelasnya.

Dalam kondisi cuaca yang ekstrem seperti saat ini, Kompol Rimbawa warga untuk tetap waspada. Masyarakat diminta untuk mengurangi intensitas keluar rumah.

"Hujan deras yang disertai angin kencang terjadi akhir-akhir ini, kami imbau masyarakat tetap waspada serta mengurangi intensitasnya bepergian keluar rumah bila tidak terlalu mendesak," sebutnya.

Terpisah, Kelian Adat Pande yang juga Bendesa Adat Cempaga I Wayan Nyepek mengatakan dahan pohon beringin berasal di areal suci Pura. Memang posisi condong ke arah jalan raya. Ketika dahan tumbang tidak sampai mengenai atau merusak bangunan Pura. "Dahan yang tumbang berukuran cukup besar, rencana pembersihan menggunakan alat berat. Proses pembersihan akan dilanjutkan besok (Jumat)," ujarnya.

Selain itu akan dilakukan pemangkasan dahan yang rawan tumbang. Sebelum itu pengempon pura akan menghaturkan banten pejati. *esa

Komentar