nusabali

Rangkaian Upacara Desa Adat Jimbaran Berlanjut Hari Ini, Arus Lalu Lintas Dialihkan

  • www.nusabali.com-rangkaian-upacara-desa-adat-jimbaran-berlanjut-hari-ini-arus-lalu-lintas-dialihkan

MANGUPURA, NusaBali.com – Prosesi upacara Mepajar dan Pementasan Calonarang Sesuwunan Ida Bhatara Dewa Ayu Jimbaran akan berlangsung pada Jumat (27/1/2023) sore ini.

Berlokasi di depan Pura Ulun Siwi Kahyangan Jagat, Desa Adat Jimbaran Kuta Selatan, Badung, upacara tersebut akan dimulai sekitar pukul 15.00 Wita. Sehingga untuk menjaga keamanan selama prosesi upacara berlangsung, Pecalang Desa Adat Jimbaran melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas menuju kawasan Desa Adat Jimbaran. 

Ketua Pecalang Desa Adat Jimbaran, I Nyoman Suwirya mengatakan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas terutama arus jalan menuju Desa Adat Jimbaran dimulai pada pukul 14.00 sampai 18.00 Wita. 

“Sterilisasi jalan sudah kami mulai dari jam 14.00 Wita. Hal ini pun sudah kami informasikan kepada media online, radio, dan melalui media sosial,” ujar pria yang akrab di sapa Man Genuk saat dikonfirmasi Jumat (27/1/2023) pagi.

Prosesi upacara akan berlanjut pada Minggu (29/1/2023) yakni upacara Mesolah mepajar Sesuwunan Ida Bhatara Dewa Ayu Jimbaran di lokasi yang sama. Hanya saja penutupan dan pengalihan arus lalu lintas akan berlangsung pada pukul 14.00 - 22.00 Wita.

Soal pengalihan arus lalu lintas, Man Genuk pun menerangkan pihaknya telah memberikan jalur alternatif bagi pengendara baik kendaraan roda dua dan roda empat. Adapun lokasi tersebut yakni jika pengendara dari arah Denpasar ataupun Kuta yang akan menuju arah Uluwatu atau Puru Luhur Uluwatu, akan dialihkan melalui Jalan Bypass Ngurah Rai ke arah Jalan Uluwatu II atau ke arah Jalan Raya Kampus Unud.

Jika pengendara dari Uluwatu menuju Denpasar ataupun Kuta, akan dialihkan menggunakan Jalan Raya Kampus Unud ke arah timur menuju Jalan Bypass Ngurah Rai. Sedangkan jika pengendara sudah berada di Simpang Patung Nakula Sahadewa di Jalan Raya Uluwatu akan dialihkan menuju arah Timur ke Jalan Bypass Ngurah Rai.

“Harapan kami, agar masyarakat pengguna jalan yang akan melalui Jalan Uluwatu terutama di depan Pasar Jimbaran atau depan Pura Ulun Siwi Kahyangan Jagat agar mencari jalan alternatif yang telah kami sampaikan yakni melewati Jalan Bypass Ngurah Rai dan mohon maaf atas gangguan perjalanan dikarenakan pengalihan lalu lintas tersebut,” harap pria kelahiran 11 Juni 1973 ini.

Adapun jumlah Pecalang Desa Adat Jimbaran akan diturunkan sebanyak 52 personil untuk berjaga. Selain itu akan dibantu oleh personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebanyak 54 orang dan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bakanda) sebanyak 19 orang yang ada di desa tersebut.

“Kami juga turut di-backup oleh Bintara Pembina Desa/Samudera/Angkasa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kuta Selatan,” pungkasnya. *ris

Komentar