nusabali

Kemenkumham Bali Dorong Imigrasi Jadi Penggerak Inovasi

  • www.nusabali.com-kemenkumham-bali-dorong-imigrasi-jadi-penggerak-inovasi

MANGUPURA, NusaBali
Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum) Provinsi Bali menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 yang berpusat di Kantor Imigrasi Kelas Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Denpasar, Kamis (26/1).

Dalam peringatan Hari Bhakti Imigrasi, Kemenkumham Provinsi Bali berharap Imigrasi menjadi penggerak inovasi dalam melayani masyarakat.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Bali Anggiat Napitupulu, mengatakan salah satu fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi adalah sebagai pendorong kemajuan ekonomi bangsa. Imigrasi harus selalu mengembangkan berbagai inovasi serta penerapan berbagai kebijakan yang dapat mengakselerasi percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Imigrasi diharapkan bisa menjadi penggerak inovasi. Dengan demikian, bisa melayani masyarakat dengan mudah dan baik ke depannya,” ujarnya.

Dilanjutkan Anggiat, bahwa fungsi Imigrasi di bidang penegakan hukum akan beriringan dengan fungsi pelayanan dan tidak akan saling bertentangan. Memberikan kepastian hukum kepada masyarakat merupakan bentuk tertinggi dalam pelayanan, sehingga masyarakat merasa nyaman dan tidak merasakan diskriminasi. “Jika penegakan hukum sudah baik, pelayanan pun akan menjadi baik pula, sehingga keamanan negara menjadi terjamin dan investasi akan berdatangan ke Indonesia. Meningkatnya investasi yang masuk akan berimbas kepada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam upacara yang dihadiri oleh Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Kepala UPT, Purnabakti Pengayoman, Para Pejabat Administrasi, serta jajaran Imigrasi.

Selain itu, kata Anggiat, sebagai sebuah institusi, kerja sama secara sistem antara Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian/Lembaga terkait lain diperlukan untuk memperkuat sistem yang sudah ada dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia. “Termasuk kerja sama dengan pihak internasional untuk meningkatkan kemampuan sistem disertai berbagai beasiswa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Insan Imigrasi sebagai human capital penggerak inovasi,” tegasnya. *dar

Komentar