nusabali

Kapolres Badung Pantau Pengisian BBM Pakai QR Code

  • www.nusabali.com-kapolres-badung-pantau-pengisian-bbm-pakai-qr-code

MANGUPURA, NusaBali
Lima kabupaten/kota di Bali, yankni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan, dan Kabupaten Bangli mulai menerapkan Uji coba tahap pertama full cycle BBM subsidi jenis solar.

Pembelian bahan bakar minyak atau BBM jenis solar subsidi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) harus menggunakan QR code.

Untuk memastikan program itu berjalan dengan baik, Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes melakukan pengecekan langsung di SPBU. Kapolres bersama sejumlah pejabat Polres Badung lainnya mengecek di SPBU Kapal yang berada di sebelah barat RSD Mangusada.

Kapolres mengatakan kedatangannya untuk memastikan penerapan beli solar subsidi pakai scan barcode berjalan dengan baik. Selain itu Kapolres memerintahkan para Kapolsek untuk melakukan pengecekan SPBU di wilayah masing-masing. Perwira melati tiga di pundak ini mengaku di wilayah hukum Polres Badung ada 21 SPBU. Semua SPBU itu dicek.

"Kami pastikan pasokan solar berjalan lancar dan tidak terlambat yang membuat persediaan kosong di SPBU apalagi ditimbun. Hingga saat ini saya belum menerima laporan adanya SPBU yang tidak menerapkan aturan pemerintah ini," ungkap Kapolres.

Manta Kasat PJR Ditlantas Polda Bali ini meminta kepada masyarkat untik mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Bila ada pihak yang coba melakukan pelanggaran, maka konsekuensinya akan dihukum setimpal dengan kesalahannya.

"Aturan ini dijalankan oleh pemerintah untuk memastikan penggunaan BBM kita tepat sasaran dan tidak disalah gunakan. Mayarakat yang tidak pakai barcode hanya dilayani pengisian maksimal 20 liter sehari. Sementara yang pakai barcode akan ditentukan oleh sistem," ungkapnya.

Masyarakat yang ingin mendaftar bisa dilakukan lewat aplikasi subsiditepat. Setelah mendaftarkan diri, maka pada saat pengisian solar subsidi di SPBU petugas SPBU scan barcode untuk melihat berapa liter yang bisa diisi. Pada sistem sudah tercantum batas maksimal pengisian.

Sementara masyarkat yang tidak pakai barcode hanya dilayani 20 liter sehari. Pada saat pengisian, plat kendaraan dicatat petugas dan dimasukan ke dalam sistem. Tujuannya, agar kendaraan yang sudah dicatat itu bila melakukan pengisian di SPBU lain tidak bisa dilakukan jika sudah memenuhi kuota 20 liter. *pol

Komentar