nusabali

Seni Budaya Lestari, Pariwisata Terjamin

  • www.nusabali.com-seni-budaya-lestari-pariwisata-terjamin

MANGUPURA, NusaBali.com – Seni budaya adalah ujung tombak keberlangsungan pariwisata di Pulau Dewata. Inilah yang membuat sebagian besar wisatawan memperpanjang masa tinggal dan betah di Bali.

Pernyataan ini diutarakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa. Birokrat asal Kuta Selatan ini tidak menampik bahwa khususnya Kabupaten Badung sangat bergantung pada keberlangsungan pariwisata.

“Tidak bisa dipungkiri, Badung itu 85 persen hidupnya dari pariwisata,” kata Adi Arnawa dalam sebuah kesempatan belum lama ini di Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi.

Mantan Camat Kuta Utara ini menuturkan bahwa pariwisata Bali spiritnya berasal dari seni dan budaya. Semakin banyak giat kebudayaan, entah itu pelestarian maupun pengembangan akan semakin baik untuk pariwisata.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah ini menyebutkan bakal mendukung penuh giat kebudayaan di Kabupaten Badung. Adi Arnawa ingin seni dan budaya Bali menjadi pengada pariwisata dan bukan sebaliknya.

“Bagaimana agar pariwisata itu menjadi bonus sedangkan kegiatan berkesenian dan berkebudayaan ini menjadi pemeran utamanya sehingga warisan leluhur tidak terkikis,” tutur Adi Arnawa.

Sebab, yang membuat Bali menjadi unik dan berbeda dari destinasi pariwisata lain adalah adat dan tradisi yang mewadahi seni dan budaya. Sedangkan pariwisata modern yang menawarkan leisure bisa ditemukan di mana saja di tempat lain tetapi tidak dengan seni dan budaya Bali.

Pendirian Adi Arnawa ini didukung oleh Dinas Kebudayan Kabupaten Badung. Belum lama ini telah diluncurkan program Banjar Menari. Tujuannya adalah menghidupkan kembali banjar sebagai pusat kesenian yang komunal.

Sanggar-sanggar di Badung yang sempat mati suri bakal diresureksi dengan dukungan pembinaan dan pendanaan. Langkan ini bertujuan untuk menggairahkan sekaa dan sanggar seni di banjar-banjar di Kabupaten Badung.

Adi Arnawa tidak segan-segan mengganjar dukungan kepada sanggar seni yang mampu mengembangkan promosi kebudayaan berorientasi atraksi wisata. Pemkab Badung membuka pintu untuk mendukung garapan dan proyek sanggar seni di Badung yang mampu berkontribusi terhadap keberlangsungan pariwisata.

“Sanggar harus lebih aktif dalam promosi kesenian sehingga mampu memperkaya khazanah seni di Badung,” pungkas Adi Arnawa. *rat

Komentar