nusabali

Kun Bokator Targetkan Tiga Emas

  • www.nusabali.com-kun-bokator-targetkan-tiga-emas

JAKARTA, NusaBali
Sebanyak 21 atlet kun bokator ditargetkan meraih tiga medali emas dalam SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei.

Kun Bokator adalah  cabang olahraga (cabor) dari Kamboja. "Atlet kun bokator tidak ada yang dari Bali. Mereka antara lain dari Jakarta, Jawa Barat, Papua dan Sumatera Utara. Total ada 21 atlet. Kami menargetkan mereka meraih tiga medali emas," ujar pelatih Kun Bokator Indra Wardhana, Rabu (25/1).

Tiga medali emas berpeluang diraih atlet di kelas tarung. Yakni, dua atlet putra dan satu atlet putri yang memiliki pengalaman sebagai juara di wushu dan MMA (Mixed Martial Arts). Sedangkan di nomor seni, tidak ditargetkan medali emas, namun akan berusaha meraihnya.

"Nomor seni sifatnya subjektif. Beda dengan tarung yang pointnya bisa langsung dilihat. Namun begitu, kami tetap berusaha mendapatkan emas karena nomor seni itu, winning silent," kata Indra.

Indra mengatakan, dari 21 atlet Pelatnas, sembilan diantaranya atlet kelas tarung. Mereka dilatih Agus Nanang Sunarya. Sedangkan sisanya atlet kelas seni ditangani Indra sendiri. Para atlet juga mendapat pelatihan dari dua pelatih asal Kamboja.

Mereka menjalani Pelatnas di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur sejak Oktober 2022. Latihan tiga kali sehari tiap Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat.

"Kami mulai latihan setelah subuh hingga jam 07.00 WIB. Lanjut jam 08.00-10.00 dan pukul 14.00-16.00 WIB," kata Indra.

Hari Rabu dan Sabtu, mereka latihan satu sesi. Atlet di kelas tarung, kata Indra, berasal dari sejumlah cabor seperti silat, wushu, tinju dan MMA.

Sedangkan atlet di kelas seni dari pencak silat. Berbekal pengalaman itu, Indra optimis atlet Kun Bokator Indonesia bisa memenuhi target mendapatkan tiga medali emas. Apalagi, mereka telah menjalani latihan sekitar empat bulan.

Selama itu, lanjut Indra, para atlet mengalami peningkatan baik dari segi teknik, stamina, tenaga, dan taktik. Mereka, nantinya akan dievaluasi kembali guna mengetahui kemampuan bertandingnya.

"Evaluasi yang kami lakukan seperti try in. Di mana, mereka akan di tes performanya untuk direview. Kami laksanakan itu, pada akhir Januari atau awal Februari," terang Indra.

Rencananya, mereka akan berangkat ke Kamboja pada 2 Mei 2023, karena pertandingan Kun Bokator dimulai pada 4 Mei. *k22

Komentar