nusabali

Kaesang Mau Terjun ke Politik Kagetkan Gibran-Jokowi, Banjir Tawaran Partai

  • www.nusabali.com-kaesang-mau-terjun-ke-politik-kagetkan-gibran-jokowi-banjir-tawaran-partai

SOLO,NusaBali
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, tiba-tiba menyatakan ketertarikannya untuk terjun ke dunia politik.

Hal itu disampaikan kakak kandungnya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran mengungkapkan keinginan sang adik terjun ke dunia politik itu diketahui Gibran saat dirinya berbincang dengan sang ayah Joko Widodo (Jokowi), Minggu (23/1) lalu. Saat makan siang, lanjut Gibran, Kaesang mengutarakan ketertarikannya itu.

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya ke bapak (Jokowi) ada ketertarikan di politik," kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, seperti dilansir detikcom, Rabu (25/1/2023).

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik. Apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Gibran mengaku kaget karena sebelumnya tidak pernah ada pembahasan tentang Kaesang yang hendak terjun ke dunia politik. "Biasanya ora tau ngomongke ngono kuwi (tidak pernah membicarakan hal seperti itu), aku yo kaget," ucapnya.

Menurutnya, Kaesang masih melakukan penjajakan dan masih tanya-tanya ke dirinya dan Presiden Jokowi. "Pokoknya ada ketertarikan untuk ikut membantu dan membangun," pungkasnya.

Pernyataan Wali Kota Solo Gibran tentang adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik mendapatkan respon partai politik. Partai Amanat Nasional (PAN) merespons dengan merayu Kaesang jadi kader. Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengajak Kaesang untuk masuk ke PAN. "Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milenial dan generasi Z. Dan politik diisi oleh anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan zamannya," kata Viva, seperti dilansir detikcom, Rabu (25/1).

Viva menyebut ada baiknya putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu melabuhkan karier politiknya di PAN. Hal ini agar Kaesang tak satu partai dengan Gibran di PDIP. "Dan akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Mengapa begitu? Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran supaya nantinya bisa bersaing secara politik," ujar Viva.

Sementara, Ketua DPP PDIP Said Abdullah berpendapat masuknya Kaesang ke dunia politik bakal memberi warna yang baik. "Politik bagi anak muda selama ini cenderung dijauhi karena persepsi terhadap politik yang kurang baik di kalangan anak-anak muda. Kalau Mas Kaesang yang tertarik masuk politik saya kira itu prospek bagi dunia politik di kalangan anak-anak muda. Hak siapa pun untuk masuk politik. Dan kalau Mas Kaesang masuk politik justru kita harapkan memberi warna yang baik bagi dunia politik," kata Said kepada wartawan, dilansir detikcom, Rabu (25/1).
 
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR ini menilai Kaesang memiliki tantangan dalam berkiprah di politik. Dia mengingatkan jangan sampai kiprahnya di politik dianggap karena semata mendapat karpet merah dari keluarganya. Said pun mengajak Kaesang bergabung ke PDIP. Hal ini, kata Said, agar Kaesang dapat merasakan berproses dari bawah.

"Saya sarankan Mas Kaesang bergabung saja dengan PDI Perjuangan, mendaftar sebagai anggota partai terlebih dahulu. Mengikuti jenjang kaderisasi kepartaian di PDI Perjuangan mulai dari tingkat pratama, madya, hingga utama. Jenjang kaderisasi mulai dari DPC hingga DPD dan DPP agar beliau mengerti ideologi dan garis perjuangan partai. Langkah ini penting agar Mas Kaesang bisa merasakan berproses dari bawah," kata dia. *

Komentar