nusabali

Tanpa Canggah Wang, Bangunan Kios Roboh

  • www.nusabali.com-tanpa-canggah-wang-bangunan-kios-roboh

Pembangunan kios sementara ini untuk persiapan mewujudkan Pasar Rakyat Tematik.

SEMARAPURA, NusaBali

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta meninjau proyek pembangunan kios sementara para pedagang blok B dan blok E Pasar Seni Semarapura di Terminal Galiran, Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Rabu (25/1). Wabup Kasta meninjau proyek setelah menerima laporan bangunan kios yang terbuat dari bambu roboh saat proses pembangunan.

Kepala UPT Pasar Klungkung Komang Sugiarta mengatakan, bangunan kios tumbang pada Selasa (24/1) sekitar pukul 13.00 Wita. Bangunan berbahan bambu tumbang karena pada setiap sudut pilar belum terpasang canggah wang atau penyangga. “Pekerja hampir tertimpa rangka bambu,” ujar Sugiarta. Anggaran pembangunan kios sementara pedagang blok B dan blok E Pasar Seni Semarapura di Terminal Galiran sebesar Rp 199.576.293. Waktu pengerjaan selama 30 hari kalender.

Wabup Kasta turun ke lokasi untuk memastikan kebenaran laporan bangunan roboh. “Ternyata benar, kami tidak ingin hal ini terjadi ketika bangunan sudah ditempati para pedagang. Saya minta bangunan ini dibuat kokoh dan aman ditempati,” pinta Wabup Kasta. Pembangunan kios sementara ini untuk persiapan mewujudkan Pasar Rakyat Tematik Wisata. Proses tender dijadwalkan pada bulan Maret nanti. Lebih dari 200 pedagang direlokasi ke tempat penampungan sementara.

Kabupaten Klungkung terpilih sebagai salah satu kabupaten penerima dana alokasi khusus (DAK) Bidang Perdagangan 2023 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 75 miliar. Dengan DAK ini, Pasar Seni Semarapura direvitalisasi menjadi pasar tematik. *wan

Komentar