nusabali

2023, ITDC Optimistis Kunjungan Meningkat

Sepanjang 2022 Kunjungan Wisman Tembus 379.504 Orang

  • www.nusabali.com-2023-itdc-optimistis-kunjungan-meningkat

MANGUPURA, NusaBali
Kunjungan wisatawan ke kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, pada tahun ini diyakini bakal terus meningkat dibandingkan pada 2022.

Optimisme tersebut seiring dengan pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sehingga saat ini masyarakat bebas bepergian dengan leluasa.

Direktur Utama ITDC Ari Respati, mengatakan sepanjang 2022, pariwisata terus menunjukkan pemulihan. Dari data yang dimiliki, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan The Nusa Dua tercatat 379.504 orang atau tumbuh 168 persen dibanding pada 2021 yang tercatat hanya 21.295 orang.

Pencapaian pada 2022 membuat pihaknya menyambut tahun ini dengan lebih optimistis. “Kami optimis tahun 2023 akan terus meningkat, apalagi pemerintah telah resmi mencabut PPKM,” kata Ari Respati, Senin (23/1).

Lebih lanjut dikatakan, tingkat hunian di dalam kawasan The Nusa Dua pada 2022 juga menunjukkan trend positif. Bahkan, tingkat hunian (occupancy rate) di kawasan tersebut tercatat meningkat yakni 49,46 persen dibandingkan pada 2021 yang hanya mencapai 16,63 persen. Menurut Ari Respati, tingkat hunian di The Nusa Dua pada 2022 tumbuh melesat, hampir tiga kali lipat dibanding 2021, dan sedikit lebih tinggi dari tingkat hunian rata-rata nasional. Hal ini dikarenakan tingginya intensitas penyelenggaraan event di The Nusa Dua, baik event nasional maupun internasional.

“Tahun lalu merupakan tahun pemulihan pariwisata setelah dihantam pandemi selama dua tahun. Untuk di kawasan The Nusa Dua, berbagai event skala nasional maupun internasional menjadi salah satu faktor meningkatnya tingkat hunian,” sebut Ari Respati.

Dijelaskan Ari Respati, beberapa event yang turut mendongkrak tingkat hunian dan kunjungan wisatawan, di antaranya Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) berskala internasional yang sukses digelar di kawasan The Nusa Dua, seperti Presidensi G20, Indonesia Esports Summit 2022, AIS 6th Senior Official Meeting and 4th Ministerial Meeting, dan The 15th Bali Democracy Forum. Sejumlah kegiatan event musik dan gaya hidup yang berlangsung di The Nusa Dua seperti Univlox Lite Nite Vol. 4 dan Road To Now Playing Fest 2023. “Sejumlah event ini tercatat mampu menarik kunjungan wisatawan,” katanya.

“Dengan adanya sejumlah agenda event yang akan berlangsung selama 2023 ini, kami percaya akan membantu upaya kami dalam menjaga tren positif kunjungan wisatawan ke kawasan The Nusa Dua dan terus menjaga momentum kebangkitan pariwisata,” imbuh Ari Respati. *dar

Komentar