nusabali

Undiksha Mantapkan Visi Jadi Perguruan Tinggi Negeri Predikat Unggul

  • www.nusabali.com-undiksha-mantapkan-visi-jadi-perguruan-tinggi-negeri-predikat-unggul

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, memantapkan visi menjadi perguruan tinggi negeri dengan predikat unggul pada peringatan Dies Natalis Ke-30 kampus pendidikan tenaga kependidikan terbesar di Pulau Dewata tersebut.

"Selama 30 tahun perjalanannya sejak bernama STKIP Singaraja pada tahun 1993, Undiksha sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Kini, sudah banyak perubahan yang mendasar terjadi di universitas ini," kata Rektor Undiksha Prof Nyoman Jampel di Singaraja, Selasa.

Menurut dia, Undiksha sukses melakukan berbagai capaian strategis pada 2022 lalu seperti anugerah Diktiristek dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupa Gold Winner Anugerah Kerja Sama Diktiristek kategori PTN-BLU Pertumbuhan IKU enam terbaik.

Kemudian Silver Winner Anugerah Kerja Sama Diktiristek kategori PTN-BLU Kerja Sama Internasional Terbaik, Silver Winner Anugerah Kelembagaan kategori Perguruan Tinggi Pelaksana Terbaik PKKM 2022 Liga 2, dan penghargaan terbaik dalam kategori Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) sebagai perguruan tinggi penerima mahasiswa terbanyak.

Terkait ajang internasional, Undiksha sukses meraih akreditasi internasional dari tiga klaster yang sudah divisitasi, yaitu Cluster Accounting and Management, Cluster Computer Science & Informatics Education, dan Cluster Language Education.

"Dua klaster hasilnya telah keluar yakni Cluster Accounting & Management. Selain itu, masih banyak lagi prestasi di bidang akademik kancah internasional dan nasional yang mendukung pengembangan lembaga menuju visi Undiksha," ujarnya.

Rektor Jampel menambahkan, selain prestasi-prestasi tersebut, mahasiswa Undiksha juga cukup banyak meraih prestasi dalam kompetisi nasional dan internasional.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, pada tahun 2022 Undiksha melakukan peningkatan sarana prasarana. Hal tersebut ditunjukkan melalui pembangunan gedung kuliah di Kampus Singaraja dan Kampus UPP Denpasar.

"Undiksha diinginkan bergerak lebih cepat. Diyakini, dengan kerja keras dan kebersamaan yang telah terbangun akan mampu membawa Undiksha menjadi salah satu universitas Unggul dan Berdaya Saing, dan diharapkan mampu menjadi Trend-Setter dan Internasional Reputable University," kata dia.

Meskipun akan menghadapi tantangan yang sangat berat ke depan, Rektor Jampel menegaskan bahwa civitas akademika harus selalu berusaha semaksimal mungkin, bekerja dengan hati yang hidup, niat yang tulus, dan komitmen yang tinggi. *ant

Komentar