nusabali

Khidmat, Perayaan Imlek 2574 di Klenteng Berusia Ratusan Tahun di Bali

  • www.nusabali.com-khidmat-perayaan-imlek-2574-di-klenteng-berusia-ratusan-tahun-di-bali

MANGUPURA, NusaBali.com – Perayaan Imlek 2574 atau Tahun Baru China pada 2023 di klenteng tertua di Bali, Klengteng Caow Eng Bio, di Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, berjalan khidmat sejak Minggu (22/1/2023) dini hari.

Tepat pukul 00.00 Wita, para pengurus dan anggota klenteng ini melakukan persembahyangan bersama, kemudian pada Minggu malam pukul 19.00 Wita dilanjutkan pertunjukan seni barongsai dan pelepasan kembang api rentetan khas China dengan panjang 5 meter.

Karena tahun ini PPKM telah dicabut,  tidak ada jumlah minimal para umat yang hadir untuk beribadah alias dibuka untuk umum. Walaupun begitu, umat  disarankan tetap menggunakan masker, terutama  bagi yang sedang flu ataupun  batuk ringan.

“Kalau tahun ini agak ramai karena kita sudah lama tidak merayakan Tahun Baru Imlek secara terbuka. Tahun sebelum Covid-19 para umat yang hadir sekitar 700 orang. Namun kalau sekarang bisa dua kali lipat sekitar 1.200 atau 1.500 orang,” jelas Ketua Pengurus Klenteng Caow Eng Bio, I Made Juanda Aditya.

Kata Juanda Aditya, menjelang Tahun Baru Imlek, pihaknya melakukan beberapa tradisi di antaranya melakukan bersih-bersih arca dan vihara, menghiasi vihara dengan lampion, dan lain sebagainya. Sarana dan prasarana upacara pun telah dipersiapkan oleh para pendeta dan pengurus dari pihak Ibu-ibu. 

“Untuk lilin itu kan sarana persembahan pada penerang, sama seperti lampion ini masing-masing orang menyumbang yang akan dihidupkan selama  satu tahun tidak boleh mati, karena setahun sekali kita ganti. Untuk persembahannya kita pakai buah kue basah, lilin, dupa dan lain-lain,” terangnya.

Perayaannya Imlek tahun ini di Klenteng yang sudah berdiri sejak 1548 ini pun disemarakkan dengan pertunjukan wayang China dengan berbagai kisah mulai dari kera sakti atau yang lainnya pada tanggal 3-5 Februari 2023 mendatang. Pertunjukan ini dimulai pada pukul 17.00 Wita sampai 21.00 Wita.

“Pertunjukan wayang China itu sekitar 4 jam kurang lebih. Jadi nanti cerita yang akan disampaikan juga berbeda-beda setiap harinya dengan tujuan untuk mengedukasi anak-anak,” tandasnya.

Perayaan selanjutnya akan dilaksanakan pada Minggu (5/2/2023) dengan diadakannya Cap Go Meh. Hiburan atraksi Liong dan Barongsai bertempat di halaman Klenteng Caow Eng Bio. 

Sebagai informasi tambahan, para umat atau wisatawan yang ingin turut menyaksikan pertunjukan atau ingin melakukan persembahyangan ke Klenteng Caow Eng Bio diharapkan mengenakan pakaian yang sopan dan bagi para wanita tidak sedang halangan atau menstruasi.

“Kalau ada yang menggunakan pakai atau celana pendek, kita siapkan juga kamen dan kain. Kita tidak akan menolak, kalau memang niatnya tulus untuk sembahyang tapi pakaian tidak mendukung ini kita kasih, sehingga bisa masuk ke dalam bukan kita usir,” pungkasnya. *ris




Komentar