nusabali

Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan Tertutup Longsor

  • www.nusabali.com-hujan-deras-sejumlah-ruas-jalan-tertutup-longsor

BANGLI, NusaBali
Hujan deras melanda Bangli, Kamis (19/1), hingga beberapa ruas jalan tertutup longsor. Proses evakuasi longsor tersebut harus menggunakan alat berat lantaran banyak material longsor.

Jalan yang tertutup total akibat longsor, di Banjar Kalang Anyar-Bukti, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku dan akses jalan Banjar Linjong, Desa Tiga, Kecamatan Susut. Ada pula longsor di Banjar Pucangan, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli. "Untuk di Banjar Pucangan masih dapat dilalui kendaraan," ungkap Kabid Sarana Prasarana Dinas PUPR Perkim Bangli, I Putu Agus Yuda Antara.

Lanjut Putu Yuda, proses evakuasi material longsor dilakukan dengan menggunakan alat berat jenis loader. Yang mana evakuasi pertama dilakukan di Kalang Anyar-Bukih. Setelah evakuasi selesai dilanjutkan dengan penyemprotan badan jalan untuk membersihan sisa-sia tanah. "Jalan licin karena sisa tanah, maka dari Damkar Bangli melakukan penyemprotan," jelasnya.

Usai pembersihan di Kalang Anyar-Bukit, loader dibawa ke Desa Tiga untuk membersihkan akses jalan di Banjar Linjong. Selain longsoran tanah, rumpun bambu juga tergerus. Karena akses jalan utama, maka pembersihan diupayakan lebih cepat. "Memang ada jalan lain yang bisa dilalui, tapi harus memutar. Kami upayakan hari ini (Jumat kemarin, Red) jalan ini sudah bersih," ujarnya. *esa

Komentar