nusabali

Perumda Tirta Danu Arta Uji Mutu Air

  • www.nusabali.com-perumda-tirta-danu-arta-uji-mutu-air

BANGLI, NusaBali
Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli menguji  mutu air di laboratorium. Pengujian melalui pengambilan sampel air di pelanggan oleh petugas.

Kabag Perencanaan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta, I Wayan Gunawan mengatakan uji lab dilakukan secara berkala untuk menjamin kulitas air yang didistribusikan ke pelanggan atau konsumen. Menurutnya, air yang diuji lab dilakukan pengambilan secara acak. Yang dimana petugas dari perumda  mengambil sampel air di pelanggan. "Satu sampel mewakili 5.000 pelanggan sehingga sampel yang diambil di empat titik,” ungkapnya Kamis (19/1). Jumlah pelanggan saat ini sekitar 21 ribu.

Lanjutnya,  pengujian kwalitas air dilakukan secara berkala yakni setiap bulan dan secara detail setiap tiga bulan. Untuk uji sampel air di lakukan di Labkesmas Gianyar dan Denpasar. "Pengujian kami lakukan secara rutin setiap bulan, maka pengambilan sampel di pelanggan berbeda," ujarnya.

Terkait hasil uji LAB, Gunawan mengatakan dalam beberapa hari ini hasil akan keluar. Hasil dapat menunjukan kualitas air, semisal apakah air mengandung bakteri  E-coli melebihi ambang batas. Jika hasil LAB menunjukan air mengandung bakteri atau partikel yang berbahaya bagi Kesehatan tentu akan dilakukan penanganan.

Ditambahkan, dari hasil uji lab yang telah dilakukan kwalitas air bersih yang didistribusikan sudah sesuai standar. Kemudian, selain melakukan uji lab, pihaknya juga melakukan perawatan di tempat penampungan air maupun menjaga sumber-sumber air yang dimanfaatkan perumda. *esa

Komentar