nusabali

Warga Binaan Rutan Negara Dites HIV

  • www.nusabali.com-warga-binaan-rutan-negara-dites-hiv

NEGARA, NusaBali
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara, melaksanakan kegiatan voluntary counseling and testing (VCT) HIV terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan setempat, Kamis (19/1).

Dalam kegiatan yang diadakan melalui kerja sama dengan Puskesmas I Negara dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, itu dilakukan tes HIV terhadap 26 orang WBP.

Kedua, berlanjut pelaksanaan testing dengan mengambil sampel darah untuk dijadikan sample tes HIV. Terakhir, dilanjutkan post-test, untuk menyampaikan hasil tes kepada peserta. Di mana sesuai hasil tes HIV kepada 26 WBP, itu seluruhnya dipastikan non-reaktif atau negatif.

Kepala Rutan Negara Lilik Subagiyono mengatakan, 26 orang WBP yang diikutkan dalam kegitan VCT, itu adalah para WBP baru. Tes VCT kepada WBP baru, baik yang berstatus tahanan ataupun narapidana, itu juga rutin dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Kesehatan Jembrana.

"Dari testing VCT HIV tadi, hasilnya semua negatif. Sebenarnya dari beberapa WBP itu, ada yang sebelumnya sudah sempat dites VCT. Namun tetap kita ikutkan untuk kembali dites," ujarnya.

Menurut Lilik, kegiatan VCT juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain para WBP baru, dirinya pun merencanakan agar para WBP lama bisa kembali dites HIV. "Ini sebagai upaya deteksi dini dan pencegahan. Agar seluruh warga binaan Rutan Negara terbebas dari infeksi penyakit menular HIV," ucapnya. *ode

Komentar