nusabali

BPBD Tangani 5 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-5-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani lima pohon tumbang di lima lokasi berbeda.

Pohon itu, antara lain, menimpa kabel milik PT PLN dan jalan raya. Hujan deras yang mengguyur sebelumnya memicu pohon tumbang.

Tidak ada warga atau pengendara melintas saat kejadian sehingga terhindar dari korban jiwa. Pohon gintungan tumbang di Banjar Menanga Kangin, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (17/1) malam, sempat menutup akses jalan menuju Pura Besakih. Perbekel Menanga I Made Hendra Sagita yang melaporkan kejadian itu ke BPBD, selanjutnya petugas BPBD di bawah koordinasi Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa turun ke lokasi. Turut memberikan bantuan penanganan anggota Polsek Rendang, Koramil Rendang, perangkat Desa Menanga, dan masyarakat.

Lokasi pohon tumbang itu di lembah Sungai Arca, dekat jembatan penghubung Banjar Menanga Kangin - Banjar Tegenan. "Kami mengapresiasi semua pihak sehingga penanganan pohon tumbang berlangsung cepat, apalagi jalur itu merupakan askes menuju Pura Dalem Puri Besakih, menyongsong Usaba Dalem Puri Besakih, puncaknya, Kamis (26/1)," jelas Hendra Sagita.

BPBD juga melakukan penanganan pohon tumbang di empat lokasi bencana lainnya. Rumpun bambu yang tumbang di Banjar Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem. Sedangkan penanganan di Banjar Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, pohon manggis yang tumbang panjang 20 meter, dan diameter 30 cm, menimpa kabel milik PT PLN Persero Amlapura.

Ida Bagus Ketut Arimbawa sebelum melakukan penanganan terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas PT PLN, agar memutus aliran listrik terlebih dahulu, sebelum melakukan penanganan.

Sedangkan di Banjar/Desa Ababi, Kecamatan Abang pohon jambu panjang 20 meter, dan diameter 30 cm yang tumbang juga menimpa kabel milik PT PLN. Akibat pohon tumbang itu akses jalan Amlapura-Singaraja sempat tertutup.

Satu lagi, dahan pohon canging panjang 5 meter dan diameter 15 cm patah, jatuh ke jalan raya di Lingkungan Telaga Mas, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. "Semua pohon tumbang telah tertangani, atas kerjasama semua pihak, mulai dari anggota polsek, koramil, perangkat desa dan masyarakat," kata Ida Bagus Ketut Arimbawa.*k16

Komentar