nusabali

Tunjangan ASN di Bangli akan Naik 5 Persen

  • www.nusabali.com-tunjangan-asn-di-bangli-akan-naik-5-persen

BANGLI, NusaBali
Para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Bangli akan sedikit lega.

Karena Pemkab akan menaikkan Tambahan Perbaikan Penghasilan (TPP) ASN sekitar 5 persen. Namun kenaikan ini perlu mendapat rekomendasi pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bangli I Made Mahindra Putra Rabu mengatakan kenaikan TPP ini berlaku untuk seluruh ASN di Pemkab Bangli.  "Kenaikan TPP ini ide dari Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Tujuannya, untuk meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Pemkab Bangli," jelasnya, Rabu (18/1).

Lanjutnya, kenaikan TPP 5 persen atau sesuai kemampuan keuangan daerah. Rencana menaikkan  TPP ini akan dimintakan rekomendasi ke pemerintah pusat melalui aplikasi Simona. "Untuk prosesnya berapa lama, kami tidak bisa pastikan. Yang jelas, kami targetkan Februari 2023 sudah turun rekomendasinya. Sehingga besaran TPP yang baru sudah diberlakukan," sebutnya.

Total anggaran TPP tahun 2023 di Bangli Rp 142.718.452.320. Terkait besaran TPP yang diterima, Made Mahindra mencontohkan. Guru  antara Rp 2,5 juta - Rp 6 juta per bulan. Selain mendapat TPP para guru juga mendapatkan dana sertifikasi. "Nominal TPP berbeda, tergantung dari kelas jabatan pegawai yang telah ditetapkan oleh Kemendagri," kata mantan Kabag Umum Setda Bangli ini.*esa.

Komentar