nusabali

Yowana Tabanan Bersiap Lomba Ogoh-Ogoh, Pendaftaran Dibuka Online

  • www.nusabali.com-yowana-tabanan-bersiap-lomba-ogoh-ogoh-pendaftaran-dibuka-online

TABANAN, NusaBali
Yowana Kabupaten Tabanan bersiap ikuti lomba ogoh-ogoh tingkat Provinsi Bali serangkaian Hari Raya Nyepi.

Jika tidak ada halangan tercatat 349 Desa Adat di Tabanan akan memperebutkan juara I, 2, dan 3. Hadiah yang diperoleh sebagai pemenang pun cukup fantastis mencapai puluhan juta.

Sesuai informasi di Dinas Kebudayaan Tabanan hadiah yang diperebutkan untuk Juara I mencapai  Rp 50 juta, juara II memperoleh hadiah Rp 35 juta, dan juara III memperoleh hadiah Rp 25 juta. Kini proses lomba ini tinggal menunggu pendaftaran mulai tanggal 20 sampai 26 Februari secara online.

Penata Muda Bidang Adat Istiadat Dinas Kebudayaan Tabanan I Gede Nyoman Sugiarta mengatakan, persiapan lomba ogoh-ogoh ini sudah disebar luaskan kepada masyarakat melalui kecamatan dan desa. "Kita sudah informasikan kepada seluruh desa adat terkait lomba ini," ujarnya Selasa (17/1).

Kata dia secara teknis lomba ini diberlakukan untuk desa adat. Artinya masing-masing desa adat mengirimkan satu ogoh-ogoh yang dilombakan namun tidak wajib. Mengingat Tabanan ada 10 kecamatan, nanti setiap kecamatan itu hanya mencari 3 terbaik kemudian baru ditentukan juara 1, 2, dan 3. "Kami juga sudah siapkan juri, Masing-masing kecamatan ada 3 juri yang menilai," terangnya  

Untuk memulai lomba tersebut, sekarang tinggal persiapan dimulainya pendaftaran. Sesuai petunjuk teknis pendaftaran dilakukan mulai tanggal 20 sampai 26 Februari 2023 secara online. Kemudian tanggal 27-28 Februari dilakukan rekapitulasi berapa ogoh-ogoh yang dilombakan. Dan 1 sampai 10 Maret dilakukan penjurian ditingkat kecamatan baru tanggal 11 Maret dilakukan pengukuhan nomonasi juara 1,2, dan 3. "Nah juara ini yang akan memperebutkan hadiah. Dan memang hadiah dalam lomba ini lumayan besar," beber Sugiarta.

Dia pun berharap para yowana Tabanan menampilkan karya terbaiknya. Sebab dalam lomba ini ada dua unsur yang dikecualikan dalam pembuatan ogoh-ogoh yakni non plastik dan non styrofoam. Sementara untuk figur ogoh-ogoh ada dua  kategori yang dilombakan yakni figur Rudra Rupa (membuat ogoh-ogoh menampilkan watak bhuta kala dan keraksasaan) dan figur Santa Rupa (mengambil watak kedewataan). "Kita harapkan karya pemuda Tabanan bagus-bagus," harapnya. *des

Komentar