nusabali

Hilangkan Kumuh, Gang di Batur Utara akan Dicat

  • www.nusabali.com-hilangkan-kumuh-gang-di-batur-utara-akan-dicat

BANGLI, NusaBali
Beberapa gang di Desa Batur Utara, Kecamatan Kintamani, Bangli, akan dipercantik dengan dicat warna-warni.

Penataan gang di pemukinan penduduk ini untuk menghilangkan kesan kumuh dan menambah daya tarik hunian. Menurut Perbekel Batur Utara I Wayan Tinggal,  selama ini gang di des aini masih terlihat kumuh. Apalagi ada warga yang memanfaatkan sebagai pembuangan limbah dapur dan kamar mandi. Maka, ke depan agar semua gang terlihat indah akan dicat warna warni. "Kami manfaatkan dana dari APBDes untuk penataan lingkungan. Gang yang akan dicat warna-warni baru gang di Banjar Dana Petapan, ada dua gang," jelasnya Minggu (15/1).

Lanjutnya, saat ini baru direncanakan dua gang yang digarap, bila terdapat bantuan social perusahaan maka bisa menyasar gang di Banjar lain. Tinggal mengatakan penataan gang dialokasikan anggaran sekitar Rp 30 juta. Kegiatan akan dilakukan pada Februari 2023. "Februari mulai dieksekusi, kami lakukan dengan sistem gotong royong," ujarnya.

Tidak hanya itu, nanti gang – gang itu juga akan dilengkapi lampu tenaga surya. Setiap beberapa meter akan diisi tanaman anggrek lokal. "Jika berhasil, tema bersih,  hijau, dengan energi terbaharukan jadi judul gang. Semoga bisa jadi obyek untuk selfi bagi yang senang bergaya," kata Tinggal. *esa.

Komentar