nusabali

Hari Raya Kuningan, Pantai di Mengwi Padat Pengunjung, Keamanan Barang Pribadi Jadi Sorotan

  • www.nusabali.com-hari-raya-kuningan-pantai-di-mengwi-padat-pengunjung-keamanan-barang-pribadi-jadi-sorotan

MANGUPURA, NusaBali.com – Yadnya pada Hari Raya Kuningan selesai lebih cepat. Sisa hari raya ini biasanya dimanfaatkan untuk pelesiran, termasuk di kawasan pantai.

Seperti di beberapa kawasan pantai di Kecamatan Mengwi. Pantai Pererenan dan Pantai Seseh menjadi salah dua hotspot pelesiran pesisir masyarakat.

Terlena dengan suasana santai di pesisir terkadang membuat para pelancong ceroboh saat membawa barang bawaan. Kepolisian yang wilayah hukumnya mewilayahi kawasan pantai pun cukup sering mencatat laporan kehilangan barang.

Termasuk Polsek Mengwi yang cukup sering menerima laporan kehilangan kendaraan akibat kunci nyantol. Kemudian, ada pula kasus pencurian barang wisatawan saat menghabiskan waktu di pantai.

Oleh karena itu, Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana memberikan perhatian khusus terhadap keamanan pantai di wilayah hukumnya.

“Kami sudah mengirim anggota ke beberapa titik pantai di wilayah hukum Polsek Mengwi serangkaian wisata di Hari Raya Kuningan ini,” kata Kompol Darsana ketika dikonfirmasi pada Sabtu (14/1/2023) sore.

Kata Kompol Darsana, para petugas ini bukan saja untuk memastikan keamanan masa pelesiran masyarakat. Pelancong diajak untuk mawas diri, memperhatikan keselamatan diri sendiri, barang bawaan, dan keselamatan orang lain.

Mantan Wakasat Reskrim Polresta Denpasar ini menyoroti soal pencurian kendaraan bermotor alias curanmor di kawasan pantai. Kebanyakan kasus ini terjadi lantaran pengendara lupa mencabut kunci dari kendaraan.

Hal yang sama juga terjadi pada tas dan barang bawaan yang ditinggal begitu saja di tepi pantai saat bermain ke mulut pantai. Tanpa pengawasan dan kepedulian antarpelancong, pelaku pencurian tentu diberikan ruang yang leluasa untuk melakukan aksinya.

“Terutama untuk menghindari curanmor, kami harap pelancong dapat memarkirkan kendaraan dalam keadaan aman (kunci setang) dan tidak mencantolkan kunci di kendaraan,” tandas Kompol Darsana. *rat

Komentar