nusabali

Denpasar IT Community Tampil di Thailand Inventors Day

  • www.nusabali.com-denpasar-it-community-tampil-di-thailand-inventors-day

DENPASAR, NusaBali.com - Denpasar IT Community yang merupakan kumpulan pelajar dan mahasiswa di Kota Denpasar akan tampil dalam ajang Thailand Inventors Day 2023 di Bangkok, 2-6 Februari mendatang.

Denpasar IT Community terdiri atas tim siswa SMPN 1 Denpasar, SMPN 8 Denpasar, SMPN 9 Denpasar, SMP Cipta Dharma, SMAN 7 Denpasar, dan Universitas Warmadewa.

Thailand Inventors Day 2023 adalah ajang kompetisi inovator produk inovasi terbesar di Asia.

"Pemerintah Kota Denpasar bangga dengan prestasi yang telah diraih, dan turut mendukung keikutsertaan dalam Thailand Inventors Day 2023 mendatang," kata Waliklota Denpasar IGN Jaya Negara, Jumat (13/1/2023).

Denpasar IT Community sebelumnya mengikuti seleksi tingkat nasional pada ajang Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) 2022 secara daring.

Para siswa dan mahasiswa duta Denpasar akan menampilkan produk inovasi Social Distancing Bag.

Produk inovasi tersebut sebagai pengingat jaga jarak yang berisi suara mengingatkan pengguna untuk menjaga jarak dengan fitur penambah daya telepon seluler di dalamnya.

Selain itu, akan ditampilkan Auto Trash Machine yakni sebuah tong sampah yang dapat berjalan dengan kontrol melalui aplikasi di ponsel pintar dengan dilengkapi sensor ultrasonik untuk membuka dan menutup tong sampah tanpa menyentuh.

"Saya sangat mendukung inovasi yang telah berhasil diciptakan. Di samping itu saya minta agar hasil dari produk inovasi yang dibuat ini bisa segera didaftarkan untuk hak ciptanya, sehingga tidak diklaim oleh pihak lain," kata Jaya Negara.

Menurut dia, hal tersebut untuk melindungi produk inovasi itu dari penyalahgunaan serta penghormatan sebagai kekayaan intelektual.

Pihaknya berharap, ke depan Denpasar IT Community dapat terus mengembangkan karya dan inovasi untuk pembangunan di ibukota Provinsi Bali ini.

Pembina Tim Denpasar IT Community I Ketut Nugraha Swadharma menambahkan persiapan yang saat ini tengah dilakukan meliputi kemampuan presentasi produk dalam bahasa Inggris.

Selain itu, penyempurnaan serta penyelesaian produk yang akan ditampilkan dalam Thailand Inventors Day 2023. *ant

Komentar