nusabali

Bulan Bahasa Bali Full Selama Februari

Disbud Bali Sudah Buka Pendaftaran Lomba atau Wimbakara

  • www.nusabali.com-bulan-bahasa-bali-full-selama-februari

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali kembali mengadakan ajang sastra dan aksara Bali terbesar, yakni Bulan Bahasa Bali (BBB) pada bulan Februari 2023.

Bulan Bahasa Bali tahun ini memasuki kegiatan ke-5 mengusung tema 'Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani' yang dimaknai sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk.

BBB dilaksanakan sebulan penuh (1-28 Februari 2023) dengan menyajikan enam kegiatan pokok, yaitu Kriyaloka (Workshop), Widya Tula (Seminar), Wimbakara (Lomba), Sesolahan (Pergelaran), Reka Aksara (Pameran), dan Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama.

Khusus untuk Wimbakara, Disbud Bali telah membuka  pendaftaran secara umum. Di antaranya, lomba Baligrafi, lomba Drama Bali Modern, lomba  Foto, lomba Gending Rare, Komik, Menggambar, Mewarnai, Musikalisasi Puisi, Ngripte Kekawin, Ngripta Prasi, Ngewacen Puisi, dan lomba  Pengenter Acara. Peserta merupakan masyarakat umum, pelajar mulai dari SD, SMP hingga SMA/SMK.

Kepala Bidang (Kabid) Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Disbud Provinsi Bali, AA Ngurah Bagawinata mengungkapkan pendaftaran sudah mulai dilaksanakan di mana para peserta lomba wajib melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir Google Form melalui tautan https://linktr.ee/bahasabali. “Melalui ajang Bulan Bahasa Bali tahun ini, kita harapkan keterlibatan peserta dari berbagai kalangan terutama sekolah di Bali, saat ini pendaftaran lomba sedang berlangsung,” kata Ngurah Bagawinata, di Kantor Disbud Provinsi Bali, Kamis (12/1).

Dijelaskan, lomba akan memperebutkan juara serta hadiah menarik berupa uang jutaan rupiah dan piagam tersebut  diharapkan mampu memberikan motivasi bagi peserta lomba.

Ngurah Bagawinata menjelaskan untuk kriteria lomba Baligrafi, peserta merupakan masyarakat umum dengan batasan umur 15-30 Tahun. Jumlah peserta  maksimal 50 orang. Lomba akan digelar pada 19 Februari 2023 di Kalangan Ayodya Taman Budaya Bali.

Lomba Drama Bali Modern diikuti oleh kelompok siswa SMA/SMK yang masing-masing kelompok beranggotakan 10-25 orang. Jumlah peserta maksimal 15 kelompok. Lomba Drama Bali Modern akan berlangsung 16-18 Februari 2023. “Lomba Drama Bali Modern ini menggunakan  Bahasa Bali, diperkaya dengan unsur-unsur dialek yang ada di Bali. Drama mesti mengandung unsur budaya Bali dengan durasi pementasan 25 sampai 30 menit,” ucapnya.

Sedangkan Lomba Fotografi dan Caption Berbahasa Bali pesertanya masyarakat umum. Karya foto merupakan karya sendiri, belum pernah menjuarai lomba lain maupun dipublikasikan di media manapun. Peserta hanya diperbolehkan mendaftarkan satu foto dengan caption (ulasan) berbahasa Bali paling sedikit tiga kalimat.

Lomba Gending Rare pesertanya adalah masyarakat umum yang merupakan siswa kelas 4-6 SD. Jumlah peserta maksimal 25 orang, pendaftaran dibatasi paling lambat pada 31 Januari 2023. Peserta akan menampilkan nyanyian secara langsung dengan membawakan satu gending raré wajib yang berjudul 'Juru Pencar' dan satu gending raré pilihan berjudul 'Majangeran', 'Peteng Bulan', 'Dadong Dauh', 'Mati Delod Pasih', 'Bibi Rangda', 'Putri Cening Ayu', 'Meong-meong, 'Made Cenik', dan 'Sekar Emas'.

Untuk lomba Komik Online meliputi sayembara, kejuaraan, atau kompetisi yang melibatkan sekelompok peserta untuk membuat komik. Rentetan gambar tersebut merupakan representasi pesan dalam wujud gambar, yang biasanya ditambahkan teks sebagai representasi wujud suara (audial) dalam bentuk visual (diam). Penyampaian pesannya berkonsep storytelling. Komik dalam kompetisi ini menggunakan platform online, bisa diakses atau dibaca melalui media elektronik selama terhubung dengan koneksi internet. Sementara itu, lomba Menggambar bertema Satua Bali pesertanya merupakan siswa SD. Jumlah peserta maksimal 50 kelompok. Pendaftaran paling lambat tanggal 2 Februari 2023.

Lomba Mewarnai Tingkat PAUD Putra atau Putri merupakan perwakilan sekolah PAUD di Bali. Setiap PAUD dapat mengirimkan maksimal dua peserta. Pesertanya dibatasi maksimal 100 orang pendaftar pertama. Pendaftaran peserta dibatasi paling lambat pada tanggal 10 Februari 2023. Sementara pelaksanaan lomba pada 15 Februari 2023 pukul 09.00 Wita bertempat di Kalangan Ayodya.

Lomba Musikalisasi Puisi Bali peserta masyarakat umum merupakan sebuah kelompok yang terdiri dari 5-7 orang. Pendaftaran dibatasi paling lambat pada tanggal 2 Februari 2023. Para peserta menampilkan satu puisi wajib berjudul 'Segara Sanusantara' karya I Made Sanggra dan puisi bebas ditentukan oleh peserta sendiri sesuai dengan tema Bulan Bahasa Bali V.  Selanjutnya, lomba Ngripta Kekawin pesertanya masyarakat umum. Pendaftaran peserta dibatasi paling lambat pada tanggal 6 Februari 2023. Sementara lomba Ngripta Prasi pesertanya masyarakat umum dengan batasan umur 15-30 Tahun. Jumlah peserta dibatasi oleh panitia maksimal 50 orang. Pendaftaran peserta dibatasi paling lambat pada tanggal 4 Februari 2023.

Lomba Ngwacen Puisi Bali Anyar peserta adalah siswa SMP. Jumlah peserta dibatasi maksimal 25 orang paling lambat mendaftar tanggal 3 Februari 2023. Peserta akan membawakan satu puisi wajib 'Pasisi Sanur' karya I Made Sanggra, dan satu puisi pilihan yang bertema sesuai tema Bulan Bahasa Bali V. Puisi pilihan bisa diambil dari puisi yang sudah diterbitkan atau puisi karangan sendiri.

Terakhir lomba Penganter Acara peserta merupakan siswa SMA/SMK dan mahasiswa. Jumlah peserta maksimal 25 orang. Pendaftaran peserta dibatasi paling lambat tanggal 8 Februari 2023. Sementara pelaksanaannya pada tanggal 12 Februari 2023 pukul 09.00 Wita di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali. *cr78

Komentar