nusabali

Kabar Baik Buat Calon Pengusaha Denpasar, Inkubator Bisnis Gedung Suci Sudah DED

  • www.nusabali.com-kabar-baik-buat-calon-pengusaha-denpasar-inkubator-bisnis-gedung-suci-sudah-ded
  • www.nusabali.com-kabar-baik-buat-calon-pengusaha-denpasar-inkubator-bisnis-gedung-suci-sudah-ded

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah dipamerkan pada Rakercab BPC HIPMI Kota Denpasar, kini penataan Gedung Suci Sari Jaya jadi inkubator bisnis memasuki tahap detail engineering design (DED).

Perencanaan awal untuk pagu anggaran penataan gedung di persilangan Jalan Diponegoro-Jalan Hasanuddin tersebut adalah Rp 5 miliar. Proses konstruksinya bakal dieksekusi lewat tender.

Pada Rakercab BPC HIPMI Kota Denpasar, Desember lalu, Walikota IGN Jaya Negara memamerkan purwarupa inkubator bisnis di Gedung Suci Sari Jaya. Pertokoan dan parkir yang menempati lahan seluas 20 are tersebut juga bakal dilengkapi food court, perkantoran, dan tempat komunal anak muda.

“Tahun 2023, kami akan membangun inkubator bisnis dengan memanfaatkan Gedung Suci yang terlantar menjadi inkubator bisnis,” cetus Jaya Negara di hadapan peserta Rakercab HIPMI Kota Denpasar.

Sebulan berselang, setelah pergantian tahun, Pemkot Denpasar sudah mendalami DED dari inkubasi bisnis di pertokoan yang pernah jaya pada tahun 1970-an tersebut pada Kamis (12/1/2023).

Jaya Negara menegaskan bahwa penataan gedung yang kini ditempati Perumda Pasar Sewakadarma ini bakal melengkapi keberadaan Dharmanegara Alaya sebagai creative hub. Inkubator bisnis ini diproyeksikan menjadi wadah penyemaian ide-ide kreatif calon pengusaha muda Denpasar.

Selain itu, mantan Wakil Walikota Denpasar ini juga ingin membangkitkan kejayaan pertokoan yang pernah berubah-ubah fungsi. Sejak tahun 1970-an, pertokoan Suci Sari Jaya pernah menjadi terminal, pom bensin, hingga pasar senggol dan jadi titik yang hidup di malam hari.

“Nantinya akan ditata. Lengkap dengan kios kuliner, perkantoran dari Perumda Pasar Sewakadarma, dan pusat kegiatan kreatif bagi insan muda,” tutur Jaya Negara dalam pendalaman DED tersebut.

Proses pendanaan juga bakal dikolaborasikan dengan Perumda Pasar Sewakadarma, sebab perkantoran Perumda pimpinan IB Kompyang Wiranata ini masih tetap di gedung tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar, AA Ngurah Bagus Airawata menjelaskan bahwa pengerjaan penataan Gedung Suci Sari Jaya positif dilakukan tahun ini.

“Ditata tahun ini. Setelah selesai ditata akan menjadi inkubator bisnis anak muda. Nantinya akan diberi nama Plaza Suci,” tutup Bagus Airawata usai mendampingi Walikota dalam pendalaman DED. *rat

Komentar