nusabali

Tim SAR Akhiri Pencarian Dua Wisatawan Terseret Ombak

  • www.nusabali.com-tim-sar-akhiri-pencarian-dua-wisatawan-terseret-ombak

SEMARAPURA, NusaBali
Memasuki hari ke sembilan, Tim SAR gabungan menghentikan pencarian dua wisatawan mancanegara yang terseret ombak di Pantai Diamond, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (11/1) sore.

Kedua wisatawan terseret ombak yakni Yury Chernyavskiy, 36, asal Jerman, dan Matthias Mittringer, 42, asal Austria. Mereka terseret ombak saat menyelamatkan Daniel Hrdliczka, 37, asal Austria, Selasa (3/1) siang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas) Bali, Gede Darmada, mengatakan area pencarian pada hari ke sembilan dimulai dari seputaran lokasi korban terseret arus ke Manta Point, Crystal Bay, hingga perbatasan selatan Lombok. Tim SAR juga menyisir seputaran pantai dan pemantauan dari atas tebing. “Hasilnya masih nihil,” ujar Darmada.

Dari awal, Basarnas Bali selalu berkomunikasi dengan kerabat korban maupun konsulat. “Semuanya kooperatif memahami tugas kami dan menghargai regulasi yang ada di Indonesia, bagaimana pola serta batasan upaya-upaua pencarian yang dilakukan,” jelas Darmada. Tim SAR di lapangan juga mengalami kendala dengan kondisi cuaca dan gelombang tinggi, namun upaya-upaya pencarian tetap dilakukan semaksimal mungkin.

Operasi SAR bisa kembali dibuka apabila menemukan tanda-tanda keberadaan korban. Tim siaga Basarnas juga sudah melakukan pemapelan kepada kapal-kapal yang melintasi sekitar perairan Nusa Penida. Jika ada penemuan wajib melapor ke Basarnas Bali. *wan

Komentar