nusabali

11 Siswa Ramaikan Pemilos SMPN 3 Selat

  • www.nusabali.com-11-siswa-ramaikan-pemilos-smpn-3-selat

AMLAPURA, NusaBali
Pemilihan OSIS, dikenal dengan sebutan pemilos, di SMPN 3 Selat, Karangasem, diikuti 11 calon ketua atau kandidat.

Jumlah kandidat ini terbanyak sepanjang pemilos selama ini. Pemilos itu Ketua OSIS masa bhakti 2023 dimenangkan I Made Japa Wisesa, siswa kelas VIII A dengan 463 suara. Saingan terdekatnya I Gusti Lanang Dwi Adiaksa, kelas VIII H dengan 185 suara, dan I Komang Arsana Sriatmaja kelas VIIIG dengan 65 suara. Hal itu dikatakan

Kasek I Komang Gede Sudarsana turut mendampingi sejumlah pembina OSIS, di SMPN 3 Selat, Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, Selasa (10/1).

Pemilos dengan pemegang hak suara 394 siswa, 31 guru dan 10 tenaga tata usaha, hanya 10 suara tidak sah. Semua kandidat terakomodir menjadi pengurus OSIS SMPN 3 Selat. Dari 11 kandidat itu, paling sedikit dapat dukungan, Ni Kadek Listya Jayantari dengan 2 suara, Luh Tu Sri Purnami Ayu dengan 4 suara, I Kadek Bagus dengan 7 suara, Ni Putu Dhea Frilia Anindita dengan 12 suara, Ni Putu Aryanti dengan 13 suara dan lain-lain.

"Inilah implementasi dari kurikulum merdeka, mewujudkan profil pelajar Pancasila, melalui Pemilihan Ketua OSIS SMPN 3 Selat. Siswa merasakan praktek langsung berdemokrasi yang baik dan benar," jelas Kasek I Komang Gede Sudarsana.

Jelas dia, siswa menyalurkan aspirasi sesuai hati nurani, tanpa tekanan. Buktinya, beberapa kandidat tidak dapat dukungan dari rekan satu kelasnya, lebih memilih kandidat dari beda kelas. Sebab, sebelum puncak Pemilos SMPN 3 Selat, ada acara debat, penyampaian visi dan misi di hadapan seluruh siswa dan guru.

Dari visi dan misi itulah, program selama setahun ke depan terungkap menarik perhatian calon pemilih, dan sejauh mana berkomitmen memajukan OSIS, sebagai perpanjangan program sekolah. Di samping OSIS sebagai jalur pembinaan siswa, tempat memotivasi siswa berbakat, mencegah terjadinya penyimpangan perilaku siswa, menambah wawasan, belajar berdemokrasi dan menghargai pendapat orang lain.

Susunan kepengurusan OSIS SMPN 3 Selat, Ketua I Made Japa Wisesa, Ketua I I Gusti Lanang Dwi Adiaksa, Ketua II I Komang Arsana Sriatmaja, Sekretaris Luh Ayu Rai Parwati Wikantari, Sekretaris I I Gede Wahyu Pratama, Sekretaris II Ni Putu Aryanti, Bendahara Kadek Mutia Trihapsari Hartawan, Bendahara I Ni Putu Dhea Frilia Anindita, Bendahara II I Kadek Bagus Desta Putra dan dilengkapi bidang-bidang. *k16

Komentar