nusabali

Untuk Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri, Bank Daerah Bangli Siapkan Kredit Rp 1 M

  • www.nusabali.com-untuk-calon-tenaga-kerja-ke-luar-negeri-bank-daerah-bangli-siapkan-kredit-rp-1-m

BANGLI, NusaBali
Bank Daerah Bangli memberikan kredit tanpa agunan bagi calon tenaga kerja ke luar negeri. Tahun 2023 disiapkan kredit Rp 1 miliar dengan bunga 0,5 persen.

Direktur Bank Daerah Bangli I Made Astawa mengakui kredit ini cukup diminati oleh calon pekerja ke kapal pesiar maupun kerja di daratan Jepang. Karena cukup tingginya peminjam, maka diberikan kemudahan dalam melakukan pinjaman.

"Jika tahun sebelumnya kredit bagi calon tenaga kerja ke luar negeri ini cair menjelang keberangkatan. Tahun ini, pencairan dipermudah lagi, bertahap sesuai kebutuhan. Semisal untuk pengurusan paspor atau pembelian tiket," jelasnya, Selasa (10/1).

Lanjutnya, dari kredit yang disalurkan atau sudah terealisasi 309 kreditur. Jumlah ini belum termasuk kredit yang sudah lunas. Menurut Made Astawa, kredit yang diberikan Rp 35 juta untuk calon tenaga kerja ke kapal pesiar dan Rp 50 juta untuk magang di Jepang. Bunga kreit 0,5 persen. "Kredit ini salah satu upaya mendukung usaha masyarakat, dengan harapan ekonomi semakin meningkat," sebutnya.

Terkait kredit macet, Made Astawa mengatakan jika sejauh ini pembayaran kredit lancar. Pihaknya secara intens berkomunikasi dengan para kreditur. Program pinjaman tanpa anggunan ini berlaku hanya sekali. Jika meminjam Kembali, maka berlaku seperti pinjaman umum. *esa

Komentar