nusabali

Diperpa Pastikan Daging Babi Aman Dikonsumsi

  • www.nusabali.com-diperpa-pastikan-daging-babi-aman-dikonsumsi

MANGUPURA, NusaBali - Jelang Hari Raya Galungan, Dinas Pertanian dan Pangan (Diperpa) Kabupaten Badung terjun ke lapangan memeriksa kesehatan babi yang akan dipotong untuk keperluan hari raya. Dari hasil pemeriksaan, babi yang sudah dipotong dinyatakan sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, mengatakan sebanyak 60 orang tim yang terdiri dari dokter hewan, fungsional veteriner, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana telah memeriksa 1.045 ekor babi yang akan disembelih pada Penampahan Galungan.

“Kami sudah menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan antemortem. Hari ini (kemarin) juga kami menerjunkan tim di beberapa lokasi, karena sudah ada warga yang melakukan pemotongan babi. Upaya ini untuk memastikan daging babi aman dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya, Senin (2/1). 

Menurutnya, pemeriksaan terhadap ternak babi dilakukan secara meraton. Pemeriksaan antemortem dan postmortem dilakukan mulai 30 Desember 2022 hingga kemarin. Pemeriksaan dilakukan pada bagian organ dalam hewan seperti hati, limpa, dan paru. “Kegiatan ini rutin dilaksanakan. Kami berharap daging yang dikonsumsi masyarakat Badung aman, sehingga tidak terserang penyakit usai mengonsumsi daging babi tersebut,” ujar mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung.

Sementara itu terkait stok ternak babi, Wijana menyebutkan jumlah populasi babi di Badung mencapai 24.082 ekor. Sedangkan kebutuhan untuk Hari Raya Galungan hanya sekitar 2.000 ekor. “Kami rasa stok yang tersedia cukup untuk memenuhi seluruh permintaan babi,” tegasnya. 7 ind

Komentar