nusabali

Liburan Tahun Baru, Wisdom 'Banjiri' Pasar Seni Guwang

  • www.nusabali.com-liburan-tahun-baru-wisdom-banjiri-pasar-seni-guwang

DENPASAR, NusaBali - Wisatawan domestik meramaikan Pasar Seni Desa Guwang / Pasar Seni Guwang, di Sukawati, Gianyar, pada liburan awal Tahun Baru 2023 Minggu (1/1). 

Kalangan pedagang merasa senang dengan  keramaian wisatawan tersebut. Minimal merasakan suasana yang lebih  ‘hidup’ setelah sepi  selama 2 tahun  karena pandemi Covid-19.

“Nggih merasa cukup senang, apalagi dapat penggarus (jualan),” ujar Komang Nia, salah seorang pedagang. Dikatakan Nia, keramaian wisatawan sudah terasa sejak beberapa hari jelang Natal (25/12/2022) lalu. Sebagian besar pengunjung  adalah  rombongan wisatawan domestik. Antara lain kalangan  pelajar-pelajar dari sekolah-sekolah di  Jawa. Ada juga grup-grup pegawai atau karyawan perusahan.  “Ya, hampir  tiap hari dapat jualan. 

Namun  tidak banyak,”  tambah Komang Nia. Kepala Pasar Seni Desa Guwang I Ketut Buda, mengiyakan keramaian pengunjung,  yang sudah terasa  jelang Nataru lalu. Rata-rata antara 800 -1.000-an  pengunjung per hari.

“Areal parkir bisa sampai penuh,” tunjuknya pada areal parkir di depan pasar. Buda mengiyakan pengunjung Pasar Seni  Guwang sebagian besar wisatawan domestik. Namun ada juga wisatawan manca negara. “Antara lain dari Korea dan Vietnam dan juga Eropa,” terangnya. Wisman Korea dan Vietnam, kebanyakan datang bersama rombongan. Sedangkan wisman Eropa,  sebagian besar datang dengan naik atau bawa motor sendiri.

“Perkiraan sampai nanti Februari kemungkinan masih akan cukup ramai. Mudah-mudahan,” ujar Buda. K17.

Komentar