nusabali

Gubernur Koster Raih Indonesia Awards 2022 dari iNewsTV

Pemimpin Teladan Pemajuan Budaya Lokal Era Disrupsi

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-raih-indonesia-awards-2022-dari-inewstv

DENPASAR, NusaBali - Gubernur Bali, Wayan Koster dianugerahi sebagai pemenang penghargaan Indonesia Awards 2022 melalui Kategori Pemajuan Budaya Daerah dengan penghargaan sebagai Exemplary Leader Of Local Culture Advancement In Disruption Era (Tokoh / Pemimpin Teladan Pemajuan Budaya Lokal di Era Disrupsi).

Penghargaan Indonesia Awards 2022 melalui Kategori Pemajuan Budaya Daerah ini diberikan oleh iNewsTV di acara Pidato Akhir Tahun 2022 Gubernur Bali ‘44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru’ pada, Sukra Kliwon Sungsang, Jumat (30/12) di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali.

Sebelum Penghargaan Indonesia Awards 2022 ini diberikan kepada Gubernur Koster sebagai hadiah Tahun Baru 2023 dari hasil kerja kerasnya memimpin Bali dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, terlebih dahulu Perwakilan Dewan Juri Indonesia Awards 2022, Aiman Witjaksono menyampaikan pengantar atas diberikannya Penghargaan Indonesia Awards 2022 kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini. 

Aiman Witjaksono dalam pengantarnya menyatakan, iNewsTV sebagai salah satu stasiun televisi di Indonesia memiliki komitmen penuh  untuk mendorong dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dalam pemulihan ekonomi, penguatan peradaban budaya dan pembangunan Sumber Daya Manusia. 

“Dukungan dan komitmen tersebut secara konsisten kami lakukan dengan memberikan apresiasi yang bertajuk ‘Indonesia Awards’ kepada tokoh pemimpin publik nasional dan daerah yang menunjukkan strategi unggul, dan kinerja luar biasa di Indonesia,” ungkapnya.

Tahun 2022 Ajang Apresiasi Indonesia Awards diselenggarakan dengan mengusung tema ‘Strengthening Fundamentals For Sustainable Ekonomic Recovery’ yang memiliki dua makna : Pertama, Sebagai Apresiasi Kerja Unggul yang ditunjukkan para tokoh publik nasional dan daerah untuk membangun fundamental kuat bagi pemulihan ekonomi. Kedua, Mengangkat karakter pemimpin daerah yang dapat dijadikan teladan dalam mengangkat kondisi daerahnya menuju keadaan yang lebih baik dan makna yang terakhir untuk memberikan inspirasi bagi calon-calon pemimpin masa kini dan masa depan untuk mengembangkan diri sehingga mampu berhasil dalam usaha kepemimpinannya.

“Adapun untuk Kategori yang kami hadirkan dalam program Indonesia Awards 2022 yakni Kategori : 1) Reformasi Birokrasi; 2) Transformasi Digital; 3) Pengembangan Ekonomi Kerakyatan; 4) Peningkatan Investasi Daerah; 5) Ekonomi Hijau dan Biru; 6) Pemajuan Budaya Daerah dengan kriteria penilaian meliputi : Kejelasan Strategi Kebijakan, Kualitas Eksekusi dan Implementasi, Dampak Kebijakan dan Nilai Inovasi yang Terjadi di Masyarakat,” ujar Aiman.

Tahapan pelaksanaan Indonesia Awards 2022 dilaksanakan dari September-Oktober 2022 yang meliputi : 1) Tahap Penjaringan oleh iNews Research; 2) Pengisian Kuesioner; 3) Tahap Penjurian; 4) Penentuan Akhir; dan 5) Penerimaan Penghargaan.

Adapun Dewan juri yang melakukan penjaringan, seleksi dan penentuan akhir terdiri dari 2 dewan Juri yakni Juri Internal dan Juri Eksternal. Juri Internal terdiri dari tim Board Of Director (BOD) iNews dan dari Tim iNews Reserch. Untuk Juri Eksternal terdiri dari : 1) Dr Wahyu T Setyobudi MM ATP CPM berprofesi sebagai Peneliti dan Konsultan Transformasi Stratejik dan Inovasi dari PPM Manajemen. 

2) Dr Asnan Furinto ST MBA yang berprofesi sebagai Dosen Tetap Program Doktoral dan Ketua Bidang Keahlian Pemasaran Strategis, Prodi DRM, Binus Business School. Area Keahlian Dr Asnan adalah Bidang Riset Pemasaran, Manajemen Inovasi, dan Statistic Bisnis; 
3) Prof Dr Budi Frensidy SE Akt CA CFP CRP CWM CIB ACPA Associate CPA MCom. Saat ini aktif sebagai pengajar dan anggota Senat Akademik di FEB UI.

Kategori Pemajuan Budaya Daerah dalam Indonesia Awards 2022 merupakan inisiatif, strategi dan inovasi yang ditujukan oleh pemimpin di daerah dalam rangka untuk memberikan perlindungan, penguatan  budaya lokal di  daerah agar mampu bertahan di tengah perubahan zaman terutama di era disrupsi saat ini, sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat dalam mendukung peningkatan perekonomian daerah.

Berdasarkan Hasil Analisis dan Olah Data dengan menggunakan Metode Uji Kebijakan dan Uji  Lapangan, Tim Dewan Juri sampai pada kesimpulan dan tahap akhir penentuan penjurian dengan sepakat memutuskan serta menetapkan Gubernur Bali Dr Ir Wayan Koster MM sebagai pemenang penghargaan Indonesia Awards 2022 melalui Kategori Pemajuan Budaya Daerah dengan penghargaan Sebagai Exemplary Leader Of Local Culture Advancement In Disruption Era (Tokoh/Pemimpin Teladan Pemajuan Budaya Lokal Di Era Disrupsi. Pengumuman dan Penganugerahan telah dilaksakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 di Jakarta Concert Hall iNews Tower Lt. 14. 

“Namun pada hari dan waktu yang sama Gubernur Bali tidak bisa hadir untuk menerima penghargaan dikarenakan ada agenda kegiatan serangakaian persiapan KTT G20. Sehingga saat ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami dari iNews dan Dewan Juri untuk dapat hadir di Bali dalam rangka untuk menyerahkan apresiasi penghargaan ini secara langsung kepada Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster,” ungkap Aiman. 7 cr78

Komentar