nusabali

Ayah Bunda, Awas! Bahaya Intai Anak Saat Main Lato-Lato

  • www.nusabali.com-ayah-bunda-awas-bahaya-intai-anak-saat-main-lato-lato

MANGUPURA, NusaBali.com – Permainan jadul lato-lato alias tektekan tengah viral di kalangan belia saat ini. Di balik hiburan sederhana ini, bahaya bisa mengancam anak-anak kapan saja ketika lepas dari pengawasan orangtua.

Meskipun hadir sebagai hiburan, lato-lato yang berbentuk bola plastik sangat padat ini bisa menjadi bumerang membahayakan bagi buah hati.

Memainkan lato-lato dengan cara dipantulkan satu sama lain ini berpotensi mengenai bagian tubuh. Selain memar pada jari dan tangan, organ vital pun dapat terpukul akibat salah memainkan.

Kekhawatiran ini diutarakan oleh Kapolsek Mengwi Kompol Nyoman Darsana. Ia sendiri menaruh perhatian khusus ketika melihat banyak warga Mengwi terkena demam lato-lato, khususnya anak-anak.

Bola plastik yang padat dan dipantulkan satu sama lain ini bisa saja mengenai kepala dan organ vital di bagian kepala. Ini belum termasuk apabila anak-anak sepermainan berantem dan karena ketidaktahuan bisa menjadikan lato-lato sebagai senjata.

“Jangan sampai hanya karena hiburan dan mengikuti tren, namun tidak memerhatikan keselamatan sendiri dan orang sekitar,” ujar Kompol Darsana pada Senin (9/1/2023).

Foto: Kompol Nyoman Darsana, Kapolsek Mengwi. -IST

Kata Kompol Darsana, permainan yang terlihat sederhana ini apabila sampai terkena organ vital seperti mata bisa menyebabkan kebutaan. Namun, ia sendiri tidak bermaksud melarang untuk menghibur diri dengan mainan jadul ini.

Kapolsek Mengwi yang mengemban tugas sejak Mei 2021 ini mengimbau para orangtua untuk selalu mengawasi anak-anak saat bermain.

Sampai saat ini, Polsek Mengwi belum menerima laporan ataupun mencatat kasus kecelakaan akibat mainan lato-lato. Meskipun demikian, antisipasi perlu dilakukan ketika potensi membahayakan sudah dilihat. *rat

Komentar