nusabali

Malam Ini, Laga Hidup-Mati Timnas Indonesia Vs Vietnam

Shin Tae-yong Percaya Diri, Tiket Final Harga Mati

  • www.nusabali.com-malam-ini-laga-hidup-mati-timnas-indonesia-vs-vietnam

HANOI, NusaBali
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuadnya mengincar kemenangan atas Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1) mulai pukul 20.30 Wita live di RCTI, meski hanya membutuhkan skor imbang dengan gol untuk lolos ke final.

Bagi Shin Tae-yong tiket final merupakan harga mati. "Kami 100 persen tidak pernah mau seri. Kami berupaya menyelesaikan pertandingan dalam 90 menit dan melaju ke final," kata Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Kantor VFF, Hanoi, Minggu (8/1). Juru taktik asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa skuadnya dalam kondisi bugar untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Skuad berjuluk ‘Garuda’ ini sangat termotivasi untuk menundukkan sang lawan di rumahnya sendiri. "Besok (malam ini), setiap pemain siap menunjukkan upaya maksimal," kata Shin menambahkan. Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu percaya diri dengan skuadnya, berkaca dari penampilan mereka pada beberapa laga terakhir turnamen, termasuk ketika menahan imbang Vietnam tanpa gol di leg pertama semifinal.

Vietnam, menurut Shin, adalah tim kuat dengan organisasi permainan yang rapi, terutama di sektor pertahanan. Akan tetapi, Indonesia, yang kerap kesulitan membuat gol di tengah melimpahnya peluang, disebut Shin memiliki kans untuk menjebol benteng lawan tersebut. Shin Tae-yong percaya diri menyebut kualitas skuadnya kini sudah setara dengan lawannya tersebut. "Ketika saya menangani timnas Indonesia, penampilan skuad lebih baik. Performa kami sama dengan Vietnam," katanya. Menurutnya, kesetaraan kualitas itu salah satunya terlihat saat Indonesia menahan imbang Vietnam tanpa gol pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1) lalu.

Di level senior, itu menjadi hasil imbang kedua dari tiga laga Shin Tae-yong melawan timnas Vietnam sejak dirinya mulai menangani timnas Indonesia pada akhir 2019. Satu pertandingan lain berakhir dengan kekalahan untuk Indonesia. Pertemuan perdana Indonesia besutan Shin Tae-yong menghadapi Vietnam terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Juni 2021, di mana Indonesia kalah 0-4.

Setelah itu, Vietnam tidak mampu lagi menundukkan Indonesia. Kala kedua tim bersua di fase grup Piala AFF 2020 dan leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Vietnam dan Indonesia harus puas seri tanpa gol. "Timnas Indonesia sudah stabil dan lebih baik daripada sebelumnya," kata Shin menegaskan.

Sedangkan penyerang Timnas Indonesia Dendy Sulistyawan berjanji skuadnya akan menampilkan performa lebih baik saat bersua Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 demi melaju ke partai final. "Tidak ada alasan, kami harus lebih baik di leg kedua. Kami termotivasi dan bekerja keras," kata Dendy.

Pesepakbola berusia 26 tahun itu menegaskan bahwa seluruh pemain timnas Indonesia bertekad tampil maksimal dan memberikan segalanya di lapangan. Mereka tidak mau semua perjuangan yang membawa mereka sampai ke semifinal Piala AFF 2022 terbuang sia-sia. "Kami datang ke sini dengan kondisi terbaik," kata Dendy menegaskan.

Sementara Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo tidak mau pertandingan melawan Indonesia pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 menjadi laga terakhirnya di Vietnam. "Kalau besok (mala mini) kami kalah, itu akan menjadi pertandingan terakhir saya. Namun, kalau tidak, kami masih memiliki laga terakhir (di final, Red). Oleh karena itu, kami akan melakukan yang terbaik besok," ujar Park dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Kantor VFF, Hanoi, Minggu kemarin.

Piala AFF 2022 akan menjadi turnamen pamungkas Park Hang-seo bersama timnas Vietnam, setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir Januari 2023 dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu tidak ingin buru-buru menuntaskan masa indahnya bersama skuad Vietnam. Park tidak akan membiarkan Indonesia menyingkirkan Vietnam dari Piala AFF 2022 pada leg kedua fase empat besar.

Pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), kedua tim bermain seri tanpa gol yang membuat Indonesia cuma memerlukan hasil seri dengan gol, yang artinya unggul gol tandang, untuk menyegel tempat di final. Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia dan Vietnam sudah 26 kali bertanding sejak 1991. Selama itu, Indonesia menang delapan kali, kalah tujuh kali dan sisa laga lain tuntas dengan hasil imbang. Setidak-tidaknya dalam enam tahun terakhir, Indonesia selalu kesulitan saat menghadapi Vietnam. Sejak 7 Desember 2016, Indonesia dua kali imbang dan dua kali takluk saat bersua Vietnam. Selain itu, pelatih Shin Tae-yong pun belum pernah menang atas Vietnam asuhan rekan senegaranya, Park Hang-seo. 7 ant

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN
Vietnam (3-5-2): Dang Van Lam; Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung, Do Duy Manh; Ho Tan Tai, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Phan Van Duc, Doan Van Hau; Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh; Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri;
Pelatih: Shin Tae-yong

Komentar