nusabali

Di Kandang Brighton, Xhaka Pastikan Arsenal Akan Kencang

  • www.nusabali.com-di-kandang-brighton-xhaka-pastikan-arsenal-akan-kencang

LONDON, Nusabali - Arsenal terus mencatat hasil positif di Premier League 2022/2023 dengan menorehkan sembilan laga beruntun tak terkalahkan. Pencapaian tersebut menurut Granit Xhaka, karena klub memang merencanakan ini semua.

The Gunners sukses raih kemenangan atas West Ham 3-1 pada laga pekan pekan ke-17 Premier League, di Stadion Emirates, Selasa (27/12) dinihari WITA.  Selanjutnya, mereka menutup tahun 2022 dengan tandang ke markas Brighton, di Amex Stadium, Minggu (1/1) dinihari WITA.

Granit Xhaka sendiri jadi figur penting dalam skema Mikel Arteta, dengan menciptakan 22 peluang dan menyumbang empat assist dalam 15 penampilan. Xhaka pun berujar Arsenal di jalur yang benar.

Bahkan, Xhaka mengungkapkan dirinya dengan sang pelatih memiliki rencana khusus untuk Arsenal maupun soal penampilannya. Namun saat ditanya soal rencana khusus itu, Xhaka tidak menjawab secara rinci. 

"Saya merasa nyaman dan menikmati kepercayaan diri yang sangat besar di sana. Kami memiliki rencana khusus di London," kata pemain Swiss itu.

Jelang lawan melawan Brighton, Arsenal layak diunggulkan karena posisi di klasemen, meski main tandang. Namun, melihat catatan negatif kontra Brighton, The Gunners tetap perlu waspada.

Arsenal selalu gagal menang dalam tiga pertemuan terakhir dengan Brighton di semua kompetisi. Itu termasuk kekalahan dari pasukan Roberto De Zerbi saat di putaran ketiga EFL Cup/Carabao Cup musim ini.

Saat itu, Arsenal kalah 1-3, dan di kandang sendiri pula. Arsenal kalah oleh gol-gol Danny Welbeck, Kaoru Mitoma, dan Tariq Lamptey meski unggul lebih dahulu melalui gol Eddie Nketiah.

Pada laga sebelumnya, Brighton dan Arsenal sama-sama meraih kemenangan. Brighton menang 3-1 di kandang Southampton lewat gol-gol Adam Lallana dan Solly March, serta bunuh diri pemain lawan. Sementara itu, Arsenal menang 3-1 menjamu West Ham.

Saat melawan West Ham, Arsenal kebobolan terlebih dahulu di menit 27, tetapi mampu mencetak tiga gol untuk membalikkan keadaan. Gol-gol Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Eddie Nketiah memastikan posisi pasukan Mikel Arteta di pucuk klasemen tetap aman. *

Perkiraan Starting XI

Brighton (4-2-3-1): Sanchez; Estupinan, Colwill, Dunk, Veltman; Gross, Gilmour; Mitoma, Lallana, March; Trossard. Pelatih: Roberto De Zerbi.

Arsenal (4-2-3-1): Ramsdale; Zinchenko, Magalhaes, Saliba, White; Xhaka, Partey; Martinelli, Odegaard, Saka; Nketiah. Pelatih: Mikel Arteta.

Lima Laga Terakhir
10-11-2022 Arsenal 1-3 Brighton (EFL Cup)
09-04-2022 Arsenal 1-2 Brighton (EPL)
02-10-2021 Brighton 0-0 Arsenal (EPL)
23-05-2021 Arsenal 2-0 Brighton (EPL)
30-12-2020 Brighton 0-1 Arsenal (EPL).

Komentar