nusabali

5 Pohon Tumbang Timpa Rumah dan MTs

  • www.nusabali.com-5-pohon-tumbang-timpa-rumah-dan-mts

AMLAPURA, NusaBali - Lima pohon tumbang menimpa MTs Ma'arif Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem dan rumah. Timpaan rata-rata menimbulkan kerusakan ringan. Tidak ada korban jiwa, hanya rugi material. 

"Semua pohon tumbang telah kami tangani," jelas Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, di Amlapura, Jumat (30/12).

Kata dia, pohon jati panjang 25 meter dan diameter 40 cm tumbang menimpa atap bangunan MTs Ma'arif di Banjar Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Bebandem, menyebabkan bagian atap bangunan rusak, sejumlah genting jatuh berserakan. Pohon jati panjang 15 meter dan diameter 30 cm tumbang menimpa tembok panyengker tinggi 50 cm, dan lebar 85 cm, serta rumah milik Ida Bagus Ketut Oka, di Banjar Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem.

Ida Bagus Ketut Oka yang melaporkan kejadian itu. Mengingat lokasi kejadian sangat dekat dengan Kantor BPBD Karangasem sehingga petugas langsung cepat melakukan penanganan memotong bagian batang pohon kelapa tersebut.

Bencana pohon tumbang lainnya, di Banjar Pakel, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, pohon kepala panjang 7 meter, dan diameter 30 cm yang tumbang. Anggota Bhabinkamtibmas Desa Gegelang Aipda I Kadek Sugiartha yang melaporkan kasus itu. Pohon tumbang hanya menimpa akses jalan, dan kabel milik PT PLN.

BPBD terlebih dahulu melaporkan itu ke PT PLN, setelah datang petugas dari PT PLN, dengan memutus aliran listrik. Berlanjut, petugas BPBD bersama masyarakat melakukan penanganan. "Begitu petugas PLN menyatakan aman, tidak lagi ada strum mengalir, petugas BPBD melakukan penanganan. Jangan sampai, listrik masih mengalir petugas melakukan pemotongan dahan kayu, itu berbahaya," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Dua pohon tumbang lainnya terjadi di Banjar Pekarangan, Desa Ngis, Kecamatan Manggis, pohon kelapa panjang 20 meter, dan diameter 30 cm yang tumbang menimpa akses jalan dan kabel listrik milik PT PLN. Pohon durian yang tumbang di Banjar Kaleran, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, hanya menimpa kabel listrik milik PT PLN.7k16

Komentar