nusabali

Hujan Lebat, 16 Pohon Tumbang Timpa Bangunan

  • www.nusabali.com-hujan-lebat-16-pohon-tumbang-timpa-bangunan

AMLAPURA, NusaBali
Hujan lebat mengguyur kurang dari sejam mengakibatkan 16 pohon tumbang.

Tumbangan pohon-pohon itu menimpa rumah, dapur, dan palinggih pada lima kecamatan di Karangasem, Jumat (6/1).
Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa membeberkan, pohon tumbang terjadi pada lima  kecamatan. Seluruh petugas BPBD telah terjun ke lapangan berbekal 21 chainsaw. Warga masyarakat juga membantu penanganan secara mandiri  di beberapa lokasi pohon tumbang.

Ida Bagus Ketut Arimbawa menyebutkan pohon tumbang terjadi di Kecamatan Abang pada empat lokasi, di Banjar Magetelu, Desa Tista menimpa rumah milik I Wayan Badung, pohon tumbang di Banjar Belimbing, Desa Pidpid menimpa kandang sapi, di Banjar Pidpid Laga, Desa Pidpid menimpa palinggih milik I Ketut Kari, di Banjar Pidpid Kelod, Desa Pidpid, dapur dan gudang milik I Nyoman Suta, atapnya tertiup angin kencang, dan di Banjar Umanyar, Desa Ababi, pohon albesia menimpa jalan raya.

Kejadian di Desa Pidpid, pelapornya Perbekel Pidpid I Wayan Gemuk. Sebagian pohon telah tertangani petugas BPBD bersama masyarakat, sebagian lagi belum dapat penanganan.

Di Kecamatan Manggis, beber Ida Bagus Ketut Arimbawa, ada empat lokasi pohon tumbang, kejadiannya di Banjar Mendira, Desa Sengkidu, pohon kelapa menimpa villa dan kabel milik PT PLN, di Banjar Tanah Ampo, Desa Ulakan pohon kepala menimpa kabel milik PT PLN, di Banjar Belong, Desa Manggis, pohon kelapa menimpa dapur milik I Nengah Suardana, dan di depan Pos Polisi Desa Antiga, di Banjar Yehmalet, Desa Antiga Kelod, pohon ketapang tumbang menimpa jalan raya.

Sedangkan pohon tumbang paling banyak terjadi di Kecamatan Bebandem sebanyak enam pohon, yakni, di Banjar Kecicang Bali, Desa Bungaya Kangin, menimpa panyengker rumah dan kandang babi milik I Nengah Tangsa, di Banjar Sesana, Desa Bungaya Kangin dahan jempinis patah menimpa jalan raya, di Banjar Mumbul, Desa Jungutan pohon aren dan bambu menutup jalan raya, di Banjar Mumbul, Desa Jungutan pohon kelapa timpa dapur milik I Nengah Dangin, di Banjar Timbul, Desa Bungaya pohon ketapang timpa jalan raya dan di Banjar Timbul, Desa Bungaya pohon aren menimpa jalan raya.

Dua pohon tumbang lainnya, di Banjar Perangsari Tengah, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat pohon kelapa dan aren menimpa dapur I Nyoman Santer dan di Banjar Dlundungan, Desa Ban, Kecamatan Kubu albesia menimpa warung milik I Ketut Sukasari. "Sebagian pohon tumbang telah tertangani, terutama yang menimpa akses jalan, yang lainnya penanganannya menyusul," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Perbekel Pidpid I Wayan Gemuk mengatakan, pohon tumbang yang menimpa palinggih dan dapur belum tertangani BPBD. "Saya telah melaporkan kejadian itu, kami masih menunggu penanganan," jelasnya. *k16

Komentar