nusabali

Mantan Ketua KPK Tarung ke DPD RI

  • www.nusabali.com-mantan-ketua-kpk-tarung-ke-dpd-ri

JAKARTA,NusaBali
Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo mendaftarkan diri menjadi bakal calon (balon) Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Agus maju sebagai balon Anggota DPD mewakili Provinsi Jawa Timur (Jatim). Agus Raharjo sendiri membenarkan dirinya berlaga berebut kursi DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang. "Betul (maju jadi bakal calon DPD Jatim)," kata Agus kepada wartawan, dilansir detikcom, Jumat (6/1/2022).

Agus Rahardjo telah menyerahkan syarat dukungan minimal ke KPU Jawa Timur. Penyerahan dilakukan pada Desember kemarin. "Saya sudah menyerahkan dukungan minimal ke KPU Jatim, tanggal 27 Desember 2022, yang lalu," katanya.

Untuk diketahui, KPU telah menerima 700 bakal calon Anggota DPD RI di 32 provinsi. Sedangkan untuk daerah otonomi baru (DOB) di Papua masih dalam tahap proses penerimaan syarat. "Di 32 Provinsi ada 700 bakal calon DPD RI yang telah menyerahkan syarat dukungan minimal pemilih. Untuk provinsi di Papua, masih dalam proses penerimaan syarat minimal dukungan pemilih bakal calon DPD RI," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, dilansir detikcom, Rabu (4/1/2023).

Idham mengatakan bakal calon Anggota DPD tersebut menyerahkan syarat dukungan ke masing-masing KPU Provinsi dan KIP Aceh. "Penerima formulir dukungan syarat minimal pemilih bakal calon DPD adalah KPU Provinsi/KIP Aceh," katanya.

Penyerahan dukungan minimal pemilih bakal calon Anggota DPD di 32 provinsi dimulai pada 16-29 Desember 2022. Sedangkan di 4 DOB Papua dimulai pada 26 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. *

Komentar