nusabali

Bupati Mahayastra Serahkan 1 Truk Sampah di Singapadu

  • www.nusabali.com-bupati-mahayastra-serahkan-1-truk-sampah-di-singapadu

GIANYAR, NusaBali
Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyerahkan 1 unit truk sampah kepada Desa Singapadu di wantilan Pura Dalem Sekar Mukti, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Jumat (6/1).

Penyerahan armada truk untuk mengoptimalkan peran Tempat Penampungan Sampah Berbasis Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R). Bantuan truk sampah ini diharapkan mampu mempercepat pengangkutan sampah di Desa Singapadu.

Menurut Bupati Mahayastra, desa maju seperti Singapadu semestinya memiliki warga yang disiplin memilah sampah. “Saya yakin masyarakat Desa Singapadu memiliki kesadaran tinggi untuk memilah sampah. Jika ada pararem atau aturan desa terkait pemilahan dan pengolahan sampah ikutilah dengan baik,” pinta Bupati Mahayastra. Dengan terbentuknya TPS3R Desa Singapadu, Bupati Mahayastra menekankan sinergi dengan Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman (Puspa Aman). Misalnya, hasil pupuk TPS3R bisa digunakan di masing-masing desa yang memiliki Puspa Aman untuk menjaga ketahanan pangan.

Perbekel Desa Singapadu I Made Budiarta mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati Gianyar atas bantuan armada angkut sampah. Bantuan ini dapat menopang kegiatan TPS3R Desa Singapadu yang telah beroperasi sejak 4 bulan lalu. “Selama ini kami tidak punya truk. Kami hanya mengangkut sampah dengan pick up sehingga sangat kewalahan, terutama sampah residu,” ungkap Budiarta. Menurutnya, volume sampah residu di Singapadu cukup besar sehingga dalam sehari melakukan 2 kali pengangkutan.

Dengan adanya bantuan truk ini, Pemerintah Desa Singapadu lebih diringankan dari segi biaya pengangkutan. Pengangkutan pun bisa lebih cepat. Kehadiran Bupati Mahayastra disambut sumringah krama Desa Adat Singapadu. Bendesa Adat Singapadu I Wayan Suteja menyatakan dukungan terhadap program yang telah dijalankan Bupati Gianyar yang sangat membantu masyarakat. Bendesa memanfaatkan peluang untuk menyerahkan proposal terkait pelaksanaan upacara keagamaan di Desa Adat Singapadu. *nvi

Komentar