nusabali

Nataru, Tingkat Hunian Hotel di Denpasar Capai 90 Persen

  • www.nusabali.com-nataru-tingkat-hunian-hotel-di-denpasar-capai-90-persen

Dispar Tunggu Perkembangan Seminggu Setelah Nataru

DENPASAR, NusaBali

Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 menjadi momen paling berpengaruh untuk peningkatan wisatawan ke Kota Denpasar. Tingkat hunian hotel di Denpasar saat Nataru mencapai 80-90 persen, yang sebelumnya rata-rata hanya 60 persen.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar MA Dezire Mulyani, Jumat (6/1). Dezire mengatakan, Nataru saat ini cukup berpengaruh dalam peningkatan hunian hotel di Denpasar. Sebab, momen Nataru, Bali masih menjadi prioritas kunjungan wisatawan untuk berlibur dan merayakan pergantian tahun. “Kami cek peningkatan cukup signifikan. Itu artinya Denpasar masih jadi tujuan favorit untuk berlibur,” jelasnya.

Dezire mengatakan, tingkat hunian hotel saat Nataru sudah mencapai 80-90 persen. Peningkatan terjadi sebelum Natal 2022 dan sampai saat ini masih bertahan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Akan tetapi, untuk kunjungan wisatawan saat ini masih didominasi wisatawan domestik.

Menurutnya, tingkat hunian hotel tersebut belum ada pergeseran setelah H+6 pergantian tahun. Namun, itu akan terus dipantau untuk melihat perkembangan lamanya wisatawan bertahan di Kota Denpasar. "Domestik lebih mendominasi sampai sekarang. Dan sampai saat ini masih bertahan. Kami masih pantau lama mereka tinggal di Kota Denpasar,” ujar Dezire.

Mantan Kabid ULP Kota Denpasar ini mengatakan, pihaknya masih memantau hingga seminggu ke depan untuk mengetahui berapa lama dan potensi wisatawan yang berlibur di Kota Denpasar. “Seminggu ini masih kita lihat, kalau masih bertahan berarti pariwisata sudah mulai pulih,” tandas Dezire. *mis

Komentar