nusabali

Disabilitas Buleleng Dibantu Paket Memasak

  • www.nusabali.com-disabilitas-buleleng-dibantu-paket-memasak

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 193 penyandang disabilitas miskin di Buleleng mendapatkan bantuan berupa paket memasak hingga peralatan mandi dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sejumlah kendaraan pengangkut difasilitasi pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa datang silih berganti ke Kantor Dinas Sosial Buleleng, Jumat (6/1).  Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Buleleng Maman Wahyudi seizin Kepala Dinas Sosial I Putu Kariaman Putra mengatakan, bantuan ini langsung diberikan oleh pemerintah pusat. Bantuan tambahan yang berbentuk barang ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional dan Hari Disabilitas Nasional yang dipusatkan di Bali.

“Sejumlah bantuan berbentuk barang ini merupakan bantuan tambahan kepada mereka penyandang disabilitas yang benar-benar miskin yang masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),” ungkap Maman.

Menurutnya data penerima turun langsung dari Pusdatin. Pemerintah Daerah hanya membantu memverifikasi data dan mendistribusikan bantuan bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa. Masing-masing penerima bantuan mendapatkan bantuan berupa satu unit kompor gas dua tungku lengkap dengan tabung gas melon, selang dan regulator. Selain itu juga ada paket permakanan, hingga peralatan mandi.

Sementara itu bantuan untuk penyandang disabilitas, sejauh ini sudah berjalan dengan berbagai jenis program. Mulai dari bantuan permakanan setiap bulannya, bantuan sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT), alat bantu, asistensi sosial penyandang disabilitas hingga pelatihan keterampilan kerja.

Dinas Sosial Buleleng mendata 6.000 penyandang disabilitas dan angkanya sangat dinamis. Sejauh ini jika dilihat dari bantuan program pemerintah disebut Maman memang belum tersentuh seluruhnya. Hanya saja, bantuan kepada penyandang disabilitas juga banyak dibawa oleh pemerhati-pemerhati sosial. Kondisi ini pun disebutnya cukup membantu pemerintah memperhatikan penyandang disabilitas. *k23

Komentar