nusabali

Shin Tae-yong Percaya Diri, Kini Timnas Lebih Baik

Nadeo Bugar, Siap Turun Lawan Vietnam di Semifinal

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-percaya-diri-kini-timnas-lebih-baik

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong (STY) memberi peringatan kepada Vietnam menjelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1), pukul 17.30 Wita.

STY percaya diri kondisi dan kualitas skuadnya kini jauh lebih baik dibandingkan saat bertemu dalam fase grup SEA Games 2021. Saat itu, Indonesia dipaksa menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam. Hasil minor itu sekaligus memperpanjang rekor buruk Shin dalam perjumpaan dengan kompatriotnya di Timnas Vietnam, Park Hang-seo.

“Saat itu masih ada pandemi Covid-19, sekarang, kan, tidak lagi. Indonesia sudah menggulirkan kompetisi, jadi saya bisa memilih pemain. Masa lalu adalah masa lalu,” kata STY, dalam jumpa pers pralaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Terakhir kali Shin membawa Indonesia menang melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu Skuad Garuda menang 3-2, dan Vietnam U-20 tidak ditangani Park, melainkan Dinh The Nam.

Shin juga mengatakan, kekalahan di SEA Games 2021 tidak lepas dari singkatnya fase persiapan. Kendati percaya diri, STY tetap mengakui Vietnam sebagai tim yang bagus dan sulit dikalahkan berkat kualitas organisasi dan pertahanan yang sangat baik.

Senada dengan Shin, gelandang serang Marselino Ferdinan juga mengakui kualitas Vietnam. Namun pemain muda Persebaya Surabaya itu menegaskan tidak mau perhatian dia dan rekan-rekannya tersita hanya pada kekuatan lawan.

“Kami fokus ke tim sendiri, bekerja keras untuk mengambil tiga poin di laga awal semifinal ini,” kata pemain 18 tahun itu.

Indonesia memburu hasil positif saat menjamu Vietnam, sebelum ganti bertandang ke Hanoi tiga hari berselang atau Senin (9/1). Sejak 1991 Indonesia memiliki catatan 8 kali menang dan 7 kali kalah dalam 15 laga kontra Vietnam.

Namun tim besutan STY dibayangi rekor tak pernah menang dalam empat laga terakhir. Terlebih, Shin juga belum pernah menang kontra Vietnam sejak Park jadi pelatih.

Karena itulah, STY terus mengasah daya dobrak timnya. Dia pun menggenjot latihan penyelesaian akhir (finishing) agar skuadnya tampil efektif kontra Vietnam. Dia mengakui kualitas finishing anak-anak asuhnya buruk sepanjang fase grup Piala AFF. Egy Maulana Vikri dkk dianggap tidak tajam dengan terbuangnya sederet peluang positif, termasuk kegagalan jadi juara Grup A.

“Setelah selesai menghadapi Filipina, Senin (2/1), walaupun kami lolos, saya menegur dan marah kepada para pemain di ruang ganti. Saya menyiapkan tim agar tidak ada lagi istilah tidak beruntung atau tidak bagus soal finishing,” tutur Shin.

Skuad Garuda diminta fokus menatap Vietnam, lawan yang dinilai Shin memiliki kualitas pertahanan di atas rata-rata. Namun STY memastikan semua pemain dalam skuadnya siap tampil menghadapi Vietnam, termasuk kiper Nadeo Argawinata, 25.

Kondisi Nadeo sempat diliputi tanda tanya, sebab kiper Bali United itu cedera di saat laga pamungkas Grup A kontra Filipina hingga harus digantikan Syahrul Trisma.

Namun, Shin menegaskan Nadeo sudah latihan penuh bersama rekan-rekannya. Dengan lengkapnya pemain, STY menegaskan skuadnya akan memberikan performa terbaik di SUGBK. Bahkan STY mengucapkan janji skuad Garuda tidak akan mengecewakan para suporter yang melihat di SUGBK. 7 ant

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan. Pelatih: Shin Tae-yong.

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam; Ho Tan Tai, Do Duy Manh, Nguyen Thanh Chung, Bui Hoang Viet Anh, Doan Van Hau; Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, Nguyen Van Quyet; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Linh. Pelatih: Park Hang-seo.

Komentar