nusabali

Polres Badung Atur Strategi Pengamanan Nataru

  • www.nusabali.com-polres-badung-atur-strategi-pengamanan-nataru

MANGUPURA, NusaBali.com - Menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) 2023, Polres Badung melakukan beberapa strategi pengamanan.

Selain melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), juga telah disiapkan pos pengamanan di beberapa titik vital.

Di luar kondusivitas keamanan di dalam acara perayaan Nataru, yang tidak luput dari perhitungan adalah jalan raya. Tidak bisa dipungkiri, jalan raya di beberapa titik perayaan akhir tahun sering kali mengalami kemacetan yang tidak terhindarkan.

Seperti di kawasan Desa Tibubeneng dan Desa Canggu, jangankan di akhir tahun yang padat kegiatan dan perayaan, di hari biasa pun kemacetan sering terjadi. Oleh karena itu Karo Ops Polda Bali Kombes Pol Firman Nainggolan turun langsung mengecek kesiapan pos pengamanan Nataru di kawasan tersebut.

Pengecekan pos pengamanan dilakukan di Jalan Segara Perancak, Banjar Berawa, Desa Tibubeneng pada Selasa (20/12/2022).  Kapolres Badung AKBP Leo Dedy Defretes selaku pimpinan wilayah hukum Polres Badung pun terjun langsung mendampingi Kombes Pol Firman.

“Sejak 19 Desember itu sudah berjalan KRYD hingga 23 Desember nanti. Setelah itu, sampai 2 Januari 2023, pos pengamanan Nataru berjalan efektif,” jelas AKBP Leo, di sela-sela pengecekan pos pengamanan Nataru.

Selain dua mekanisme yang sudah dan akan berjalan, ada satu lagi yang bakal diberlakukan. Pelibatan Linmas dari Desa Tibubeneng dan Desa Canggu akan segera dilaksanakan bersamaan operasi pos pengamanan Nataru.

AKBP Leo menyebut pelibatan Linmas ini sebagai pengamanan Swakarsa. Linmas dari dua desa di kawasan pariwisata yang tengah berkembang pesat ini akan diposisikan di beberapa persimpangan jalan. Hal ini demi mengantisipasi kepadatan lalu lintas dan ancaman kriminalitas jalanan.

Adapun beberapa titik persimpangan tersebut berada di kawasan Jalan Shortcut Tibubeneng-Canggu, Pipitan, Padonan, Pasar Semat, Tegal Gundul, dan Simpang Pantai Berawa. Beberapa titik ini telah dinilai strategis untuk melakukan operasi penguraian kepadatan kendaraan dan simpul awal pengamanan jalan.

“Setelah pengecekan di pos pengamanan di depan Salvador Bar, Berawa ini, kami akan cek juga titik lain di kawasan ini seperti di depan Finns Beach Club dan Atlas Beach Fest,” tandas perwira menengah Polri ini. *rat

Komentar