nusabali

Edukasi Warga Lewat Obrolan Warkop

  • www.nusabali.com-edukasi-warga-lewat-obrolan-warkop

MANGUPURA, NusaBali.com – Warung kopi alias warkop menjadi tempat kumpul warga untuk mengobrol dan membahas berbagai hal. Kebiasaan ini dimanfaatkan oleh Bhabinkamtibmas Polri sebagai celah mengedukasi warga.

Para warga paruh baya memang sering terlihat duduk di emperan warung tepi jalan sembari menyeruput kopi tubruk. Di sela-sela nyeruput, obrolan berbagai topik sering kali terlempar dari bibir bapak-bapak ini.

Suasana yang santai dan kesan menikmati hidup membuat obrolan warkop lebih mudah menyebar dan diterima warga daripada sarasehan maupun ceramah yang kaku.

Celah ini pula dimanfaatkan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sedang dari Polsek Abiansemal untuk mengedukasi warga binaan lewat metode obrolan warkop.

Aipda Gusti Putu Eka Artana sering nimbrung dan ikut memesan kopi sembari melempar sapaan dan obrolan yang diselipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat. Pesan kali ini ia sampaikan soal menjaga kamtibmas menjelang pergantian tahun.

“Kami mengajak warga untuk menjaga kamtibmas menjelang pergantian tahun. Selain itu, menghimbau para pedagang agar tidak menjual miras karena berpotensi menyebabkan gangguan,” kata Aipda Eka Artana di sela-sela obrolan wakrop bersama warga Sedang pada Kamis (29/12/2022) siang.

Di balik senyum dan tawa serta gestur bercanda, ada pesan yang dapat
ditembak lewat lelucon obrolan warkop. Dengan demikian pemolisian
masyarakat bisa dilakukan lebih efektif.

Obrolan warkop ini dinilai lebih cepat masuk ke hati warga. Sebabnya, Aipda Eka mencoba memenetrasi titik lembut masyarakat agar pesan dan tugas Bhabinkamtibmas dapat dijalankan dengan baik.

“Dengan cara ini kiat pemolisian masyarakat, di mana seorang Bhabin sebagai duta Polri dapat selalu bersentuhan dengan masyarakat dapat dijaga,” tandas Aipda Eka. *rat

Komentar