nusabali

BOMS Automotive Modification Pungkasi Kontes Otomotif Tahun 2022

  • www.nusabali.com-boms-automotive-modification-pungkasi-kontes-otomotif-tahun-2022

MANGUPURA, NusaBali.com – Kreasi para modifikator Bali menjadi penutup tahun 2022 lewat seri pamungkas Bali Oto Modification Series (BOMS) Automotive Modification.

Seri ke-3 atau terakhir ini digelar di parking area Park 23 Creative Hub Jalan Kediri, Tuban, Kuta, pada Sabtu (24/12/2022) lalu.

Berbeda dengan sebelum pandemi,  BOMS yang biasanya dihelat hingga 4 seri, kini dipangkas menjadi 3 seri.

 “Sebelum corona, tiga event diselenggarakan di Bali dan satu event di Lombok. Karena masih dalam keadaan pandemi, maka hanya dilaksanakan di Bali saja,” ujar Pimpinan BOMS Automotive Modification, I Komang Alex Trio Junika. 

Gelaran seri ke-3 sekaligus menjadi babak final dan setiap mobil yang diadu di setiap series akan mendapatkan poin serta ada hadiah bagi pemenang sebesar Rp 10 juta.

Aliran modifikasi yang dilombakan tersebut diantaranya The Best Category yaitu Big Bike, Mini Moto, Cafe Racer, Custom Cub, Chopper, Japs Style, Tracker atau Scrambler, Ordinary Paint, Modificator Participant, Club Participant, Matic Road Race, Carbon wtp, Carbon Kevlar, Clasic Modif, Blink-Blink, Wrapping, Lady atau Owner, Sport Modif, Stance Style, Uniquely Modify, dan Best Electric Bike.

Lalu, pada kategori Audio Fun Competition, pada kategori SPL Clas 1 Sub terdapat kategori 1 Sub Port dan 1 Sub Seald, Pada kategori SPL Class Budget terdapat kategori Class 10 Juta dan 15 Juta, dan Pada kategori SPL Class Breket terdapat kategori SPL Class City Cars, SPL Class MPV, dan SPL Class FFA.

Event ini juga  mencari The King Champions Boms Automotif Modification 2022 dan Runner Up The King Champions Boms Automotif Modification 2022.

Alex Trio mengatakan ada tiga agenda kompetisi, diantaranya bike contest, car contest & car meet up dan juga audio fun competition. Serta penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 5 sektor yang meliputi elegant, extreme, racing, off-road dan street racing dan ada 15 kelas untuk kategori bike contest.  

Pada seri ke-3 terdapat kurang lebih 100 motor dan sekitar 50 mobil yang berkompetisi pada Boms Automotif Modification 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Juri car contest & car meet up, Ozzie Jonathan, mengatakan terdapat beberapa sektor yang menjadi penilaian pada kategori mobil seperti exterior, interior, audio, dan mesin. Ia selaku juri pun mengaku mengalami kesulitan untuk mendapatkan pemenang terbaik pada kategori ini.

“Pastinya setip tahun untuk modifikasi mobil ini semakin meningkat spesifikasinya, semakin berdempetan, dan semakin banyak juga jadi tentu semakin sulit untuk memilihnya. Di sini mobil rata-rata sudah memenuhi seluruh sektor penilaian hanya saja tinggal mencari yang terbaik. Semoga ke depan mereka lebih bervariatif agar yang menang tidak itu-itu saja jadi semoga lebih banyak lagi yang meningkatkan modifikasinya,” ujar Ozzie Jonathan.

Lain halnya dengan juri bike contest, Komang Suryana. Ia menyebut kriteria penjurian untuk kategori ini mulai dari segi kerapian dan keserasian universal.

“Dari kriteria tersebut mungkin beberapa ada motor yang belum masuk kriteria dan ada juga semua motor yang melenceng dari semua regulasi jadinya kita bisa membenahi dan mengarahkan kemana motor tersebut jalur atau kelasnya. Tingkat kesulitan dari mencari juara tersebut dilihat dari finishing akhirnya, dilihat dari kerapiannya, detailnya dan keserasiannya semua motor. Mungkin saya hanya bisa mengarahkan dan memberitahu dimana letak kekurangan motor yang dilombakan, lalu untuk yang juara saya juga memberi tahu dimana kelebihan motor tersebut,” ujar Komang Suryana.

Sementara juri audio fun competition, Wayan Suartana mengatakan antusias para peserta sudah mulai menggeliat setelah pandemi mulai pudar.

“Dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan peserta. Tujuan pertama dari diadakan kontes audio ini untuk memacu kreatifitas untuk berkreasi dan berinovasi dari perangkat yang dimiliki dan dari budget berapapun bisa menghasilkan karya yang maksimal,” ujar Wayan Suartana.

Demi lebih memeriahkan gelaran euforia modify party, BOMS Automotive Modification mendatangkan penyanyi lokal Bali, Jegeg Bulan dan 3 Anggel Boms, yakni, Intan Aruna, Ainun Audy, dan Itha.

Keluar sebagai pemenang Champion King 2022 oleh Ko Iwan Bgc dengan Mobil Serion yang digarap apik Kupu- Kupu Malam dan Runner Up Champion  2022 Diora X Retris Project dengan Mobil Xpander yang mengikuti All Series Boms 2022.

Alex Trio Junika mengatakan output yang akan dihasilkan dalam gelaran ini diperuntukkan untuk teman-teman pecinta otomotif berkarya dan menciptakan seni. Serta melalui media modifikasi ini nantinya dapat membantu bengkel dan usaha otomotif yang ada di Bali. 

Peserta event ini bukan dari Bali saja tetapi ada dari Jogja, Surabaya, Bojonegoro dan Jakarta. Kendala cuaca tak menghalangi semangat berkarya. 

“Kami berharap para pecinta otomotif di Bali bisa berkarya setiap tahunnya agar bisa memiliki imajinasi yang baru-baru agar kita di Bali bisa juga berlomba di ajang luar Bali,” kata Alex Trio. *ris

Komentar