nusabali

BPBD Bali Siap Hadapi Bencana Alam

  • www.nusabali.com-bpbd-bali-siap-hadapi-bencana-alam

DENPASAR, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali menyatakan kesiapannya menghadapi ancaman bencana alam yang bisa terjadi kapan dan di mana saja di Pulau Dewata.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali I Made Rentin ketika menerima kunjungan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti, di Kantor BPBD Provinsi Bali, Jalan DI Panjaitan, Niti Mandala, Denpasar, Senin (26/12).

Made Rentin menyampaikan, kesiapsiagaan dilakukan terutama dari sumber daya manusia (SDM), seperti memberikan sejumlah pelatihan dan tata cara penanganan korban bencana termasuk kesiapan fisik dan mental, kesiapan sarana serta prasarana.

Dari sarana dan prasarana yang ada dijabarkan bahwa di antaranya tersedia  kesiapan logistik, pendirian tenda posko, peralatan closed circuit television (CCTV), radio komunikasi, mobil komunikasi satelit, sistem sirine INATEWS, media informasi baik dari situs web maupun media sosial yang diharapkan mampu memberikan dukungan pelayanan dan informasi yang tepat dan akurat.

Sri Widhiyanti mengapresiasi berbagai langkah dan upaya yang telah dilaksanakan BPBD Bali dalam rangka mengantisipasi berbagai ancaman akibat dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi belakangan di Provinsi Bali.

Disampaikannya, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar terus dilaksanakan untuk menumbuhkan pemahaman, untuk bersiap menghadapi bencana yang terjadi.

“Sehingga dapat hidup berdampingan dengan bencana, terlebih bertempat tinggal di wilayah rawan bencana,” ucap Sri Widhiyanti.

Selain itu, dukungan komitmen dari sisi anggaran diharapkan menjadi salah satu bentuk perhatian di waktu mendatang dalam memperkuat peran dan fungsi BPBD di dalam menanggulangi dan menangani bencana. *cr78

Komentar